Produk Imbuhan Pakan Unggas “UB Feed” Dilirik Gubernur Jatim

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) memiliki produk inovasi berupa imbuhan pakan unggas bernama “UB Feed”. Produk itu diprakarsai oleh Prof. M. Halim Natsir, Prof. Siti Chuzaemi, Dr. Osfar Sjofjan, Dr. Muharlien, dan Yuli Frita Nuningtyas, M.Sc. UB Feed berbasis bahan tambahan alami untuk mengganti penggunaan dosis Antibiotik Growth Promoter (AGP) berlebih pada ayam pedaging dan petelur.

“Penggunaan AGP sebagai imbuhan pakan dapat menimbulkan residu dalam produk ayam. Sehingga menyebabkan masalah resistensi antibiotik tertentu pada ayam dan manusia yang mengkonsumsi produk ayam itu,”kata Halim

Karya inovasi tersebut telah dikomersialisasikan sejak empat tahun, yang merupakan hasil program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) pendanaan Dikti tahun anggaran 2018-2020. 

Pada Inagro Expo, UB Feed mendapat kesempatan dikunjungi oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si, Kamis (11/8/2022). Dalam kesempatan tersebut, Khofifah bertanya tentang produk UB Feed, seperti manfaat, khasiat, dan aturan pemberian kepada ternak ayam.

Inagro Expo adalah pameran bidang pertanian dan pangan untuk mendorong terbangunnya ekosistem pertanian tangguh, khususnya di Jawa Timur. Acara tersebut dilangsungkan di Grand City Surabaya selama empat hari, Kamis – Minggu (11-14/8/2022). (dta/Humas UB)