Prodi ilmu Perpustakaan Raih Akreditasi A

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Akreditasi ini berlaku 4 September 2020 hingga 4 September 2025.

Kaprodi Dr. Muhammad Shobaruddin, M.A., mengungkapkan bahwa ini merupakan prestasi yang luar biasa karena selama dua periode berturut-turut Prodi Perpustakaan mampu meraih akreditasi A BAN PT.

“Jelas sekali bahwa ragam masyarakat di setiap peradaban memerlukan profesi khusus yang dapat membantu masyarakat tersebut melakukan tindakan-tindakan sosial yang cerdas melalui sebuah sistem yang mampu mengelola pengetahuan bersama, tidak terkecuali di era pascakebenaran (post-truth era) yang serba digital saat ini,”katanya.

Dia menambahkan bahwa pengelolaan pengetahuan dan memori kolektif telah dimainkan profesi kepustakawanan sejak awal, yang bisa berupa arsip, record, dokumen, dan buku.

“Upaya besar ini membawa implikasi yang lebih luas bagi kedudukan maupun fungsi lembaga yang mengelola pengetahuan seperti perpustakaan, museum, pusat arsip, pusat dokumentasi, galeri dan lainnya di sebuah masyarakat,”kata Shobaruddin menambahkan.

Dengan diraihnya akreditasi A, Shobaruddin berharap Prodi perpustakaan bisa terus proaktif dalam mengemban visi misi untuk terlibat pada perkembangan lembaga, asosiasi profesi atau keilmuwan, dan masyarakat sesuai dengan tridharma perguruan tinggi.

“Selain itu, dengan diraihnya akreditasi A prodi perpustakaan bisa mengembangkan kekhasan dalam kajian bidang tata kelola informasi atau information governance,” katanya. [OD/Humas UB].

  From Headline