PIP dan BIIW Kerjasama Tingkatkan Kesejahteraan Usaha UMi

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Penandatanganan MoU oleh Direktur Utama BIIW dan Dirut PIP, didampingi oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Direktur Sistem Manajemen Investasi Ditjen Perbendaharaan.

Badan Inovasi dan Inkubator Wirausaha Universitas Brawijaya (BIIW-UB) dan Pusat Investasi Pemerintah Kementerian Keuangan RI menandatangani perjanjian kerja sama (MoU), Senin (20/09/2021).

Kegiatan yang digelar di Ruang Jamuan Lantai 6 ini merupakan tindak lanjut kesepakatan program kerja sama inkubasi dan pendampingan antara PIP dan BIIW. Nota kesepahaman ini ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PIP Ririn Kadariyah dan Direktur Utama BIIW Dr. Setyono Yudo Tyasmoro, MS.

Ririn menerangkan, program kerja sama PIP dengan BIIW, yakni kegiatan inkubasi dan pendampingan untuk UMKM sudah berjalan dengan sangat produktif. Namun penandatanganan MoU baru bisa dilakukan, karena sebelumnya terhalang Perlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) karena pandemi Covid-19.

PIP yang merupakan Badan Layanan Umum di bawah naungan Kemenkeu ini bertugas menyalurkan pembiayaan kepada pelaku UMKM dengan fokus pada usaha skala mikro terkecil, yang diberi nama Pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

Dirut PIP Mengunjungi Coworking Space BIIW-UB

“Dalam melakukan pembiayaan, kami tidak semata-mata menyalurkan pinjaman sebagai tambahan modal, namun juga disertai pendampingan. Di dalam melakukan pendampingan, tentunya kami tidak bisa sendiri. Untuk itu agar jangkauan pelayanan kami lebih luas, kami mencari mitra kerja sama untuk memberi pendampingan dan inkubasi kepada para debitur UMi, dan Alhamdulillah kami bertemu dengan BIIW-UB,” papar Ririn.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES mengapresiasi kerja sama ini. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan bahwa kerja sama ini sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak, dan merupakan bentuk support dari Kemenkeu untuk UB.

“Dengan adanya dukungan dari PIP, diharapkan setiap inovasi yang diinkubasi di BIIW akan menjadi produk yang terhilirisasi, sehingga dapat bermanfaat untuk UB dan negara kita tercinta,” ungkap Prof. Aulanni’am.

BIIW-UB dan PIP Kemenkeu bekerjasama tingkatkan kesejahteraan usaha Ultra Mikro.

Usai penandatanganan MoU, Direktur PIP beserta jajaran melanjutkan kunjungan ke Coworking Space BIIW, serta melihat kegiatan tenant inwall dan kegiatan mentoring yang sedang berjalan.

Dalam kesempatan ini, Direktur Utama BIIW Dr. Setyono Yudo Tyasmoro, MS menjelaskan produk-produk tenant yang dipamerkan, juga capaian dari para tenant yang sudah melakukan scaling up usaha dengan bantuan dana dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Rombongan PIP juga berkesempatan mencicipi produk binaan BIIW yang sudah mendapat pendanaan BRIN, yakni keripik pisang cokelat Pigela dan sambal Sambeleo.

Melalui kerja sama ini, Setyono Yudo Tyasmoro berharap agar apa yang telah disepakati dapat terwujud dengan baik, sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat bawah. [Irene/Humas UB]