Perwakilan Robotiik FILKOM UB Raih Juara 2 dan 3 Kompetisi Robot Sumo RC Competition

 

Dua tim perwakilan Robotiik, sebuah Komunitas Robotika di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) berhasil meraih juara 2 dan juara 3 dalam ajang kompetisi Wonder of Technology Festival 2019 kategori Robot Sumo RC Competition (27/12/2019). Kedua tim tersebut adalah tim .RAR dan tim DUA-R. Seluruhnya beranggotakan mahasiswa baru FILKOM angkatan 2019. Tim .RAR beranggotakan Abim Renara P. L. (Teknik Komputer), Hanif Adam Al Abraar (Teknik Informatika) dan Randy Christian Saputra (Teknik Komputer). Sementara itu Tim DUA-R beranggotakan I Nyoman Arijaya Putra (Pendidikan Teknologi Informasi), Muhammad Nur Arssy (Teknik Komputer) dan Mochammad Giri Wiwaha (Teknik Komputer).

“Sebelumnya ada seleksi internal Robotiik dulu untuk menentukan siapa yang terpilih berangkat mengikuti lomba ini dari anggota maba. Senior di Robotiik sengaja sudah mencarikan kompetisi yang bisa diikuti oleh peserta maba. Akhirnya tim saya dan Arijaya yang terpilih,” jelas Hanif.

Pada lomba kategori Robot Sumo peserta harus melalui babak penyisihan dengan bertanding beberapa kali melawan tim yang telah ditetapkan dalam grup oleh panitia. Dalam setiap pertandingan peserta akan memperebutkan poin, yaitu 3 poin bagi yang menang, 1 poin bagi yang seri dan 0 poin bagi yang kalah. Dari babak penyisihan tersebut kemudian dipilih empat tim terbaik dengan poin tertinggi. Keempatnya harus bertanding lagi dalam babak final. Adapun empat tim yang terpilih berasal dari UNJ, UB dan Komunitas Robot Bogor.

Dalam kompetisi ini peserta bebas mencurahkan kreasinya dalam membuat robot sumo. Meski demikian robot tersebut tetap harus memenuhi aturan yang telah ditetapkan panitia, antara lain memiliki panjang, lebar dan tinggi maksimal 20 cm, berat maksimal 3 kg dan daya baterai 12V. Selain itu robot yang dibuat harus dirancang dan dibuat seaman mungkin, sehingga tidak akan merusak arena maupun robot lawan.

Kedua anggota tim mengaku senang bisa mendapat kesempatan ikut serta dalam lomba tersebut. Mereka merasa mendapat banyak pelajaran berarti. Harapannya dikemudian hari bisa mengikuti lomba robot serupa dan memberikan hasil yang lebih baik.

“Bagi teman-teman yang nantinya ingin mengikuti lomba serupa saran kami agar lebih memperhatikan desain body robot, usahakan bentuk dan posisi roda presisi. Kemudian saat membuat desain awal harus matang agar saat eksekusi pembuatan tidak bingung. Perangkaian kelistrikan juga harus hati-hati karena salah sedikit bisa terbakar dan merusak komponen,” jelas Arijaya.

Untuk diketahui Wonder of Technology Festival 2019 adalah kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro dengan mengangkat tema ”Thrive Together Towards Future“ (26-28 November 2019). Terdapat tiga kategori yang dilombakan yaitu Robot Sumo RC Competition (untuk umum), Programmable Logic Controller Competition (untuk tingkat SMA/SMK sederajat) dan Mobile Legend Tournament. [dna]

 

  From Berita UB