Perkuat Kolaborasi Internasional, FH Bangun Kerja Sama Dengan Thomas More Law School Australian Catholic University

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

 

Penandatanganan MoU antara FH UB dengan Thomas More Law School, Australian Catholic University pada 19 Oktober 2023 | Foto: IRO FH UB

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) terus bertekad meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya membangun kolaborasi internasional bersama perguruan tinggi hukum luar negeri. Kerja sama tersebut terus dilakukan FH UB dalam rangka memperkuat dan mengembangkan institusi pendidikan hukum, baik bagi FH UB maupun perguruan tinggi mitra.

Menuju akhir tahun 2023, FH UB kembali memperkuat kerja sama dengan Thomas More Law School, Australian Catholic University (ACU). Kerja sama tersebut dituangkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Dekan FH UB, Dr. Aan Eko Widiarto, S.H., M.Hum., dengan Dekan Thomas More Law School ACU, Professor Patrick Keyzer. Penandatanganan MoU tersebut dilakukan pada tanggal 19 Oktober 2023 bertempat di Melbourne, Victoria, Australia.

Sebetulnya kerja sama antara FH UB dan Thomas More Law School ACU telah terjalin dengan baik sejak tahun 2019 hingga saat ini. Kemudian pada akhir tahun ini kerja sama tersebut kembali dilakukan untuk memperkuat kolaborasi internasional antara kedua institusi.

Dekan FH UB, Dr. Aan Eko Widiarto, S.H., M.Hum. (kiri) dengan Dekan Thomas More Law School ACU, Professor Patrick Keyzer (kanan) | Foto: IRO FH UB

Beberapa bentuk kerja sama yang akan dilakukan pada tahun 2024 mendatang fokus pada bidang academic research seperti joint publication. Kemudian akan diselenggarakan pula kegiatan akademik seperti international conference, program 3in1, dan masih banyak lagi.

Di bidang riset, FH UB dan Thomas More Law School juga direncanakan akan melakukan kolaborasi riset akademik yang pada tahun ini akan dilakukan penelitian dengan dibiayai oleh pemerintah Australia dalam program KONEKSI. Riset akademik tersebut akan mengangkat tema hukum lingkungan dengan anggota peneliti dari sivitas akademika FH UB dan Thomas More Law School ACU.

Melalui penguatan kerja sama antara FH UB dan Thomas More Law School, Dr. Aan Eko berharap kedua institusi dapat saling support yang dituangkan melalui kegiatan kolaborasi akademik, seperti joint researchstudent exchange, dan pertukaran dosen.

Melalui kerja sama ini, dalam waktu dekat FH UB akan menjadi tuan rumah dalam program Colombo Plan yang dihadiri 10 mahasiswa Thomas More Law School ACU. Sepuluh mahasiswa tersebut dikirimkan ke FH UB untuk mengikuti shourt course seputar hukum lingkungan. (Endrianto/HumasFH/Humas UB)