Pelepasan Mahasiswa Program Magang Industri dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka Tahun 2021

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya melepas sebanyak 68 mahasiswa yang terpilih dalam mengikuti Program Magang Industri dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka Tahun 2021. Acara pelepasan mahasiswa ini dipimpin langsung oleh Dekan bersama seluruh pimpinan Dekanat FILKOM pada hari Rabu (24/8/2021) secara daring melalui Zoom.

Perlu diketahu sebelumnya, Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) ini adalah salah satu metode pembelajaran, dari delapan metode yang dicanangkan dalam Kebijakan Kampus Merdeka. Kebijakan ini diluncurkan dalam rangka menyiapkan para mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat. Kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih baik sesuai dengan kebutuhan zaman.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Eng. Herman Tolle, S.T., M.T. Fakultas tmemandu para mahasiswanya dalam mengikuti program magang di industri walaupun proses pelaksanaanya secara online.

Herman juga menjelaskan bentuk kegiatan Merdeka Belajar apa saja yang akan dilaksanakan di FILKOM nantinya.

Sementara untuk mitra magang dan studi independen FILKOM bekerjasama dengan 30 instansi lebih, baik itu dari pemerintahan atau perusahaan/industri swasta.

Program MSIB ini nantinya memberikan pengalaman yang cukup kepada mahasiswa, pembelajaran langsung di tempat kerja (experiential learning).

Selama program, mahasiswa akan mendapatkan hard skills, maupun soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama, dsb.). Sementara industri mendapatkan talenta yang bila cocok nantinya bisa langsung direkrut, sehingga mengurangi biaya rekrutmen dan training awal/induksi.

Selanjutnya arahan sebelum pelepasan disampaikan oleh Dekan, Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D.

“Kegiatan magang ini hampir sama dengan kegiatan KKN yang sudah berjalan di FILKOM, mahasiswa akan dilatih untuk belajar berkomunikasi, menyelesaikan kasus yang terjadi di dunia kerja serta meningkatkan kemampuan bekerja didalam  tim/kelompok. Sepintar apapun seorang individu jika tidak memiliki kemampuan komunikasi dan bekerja sama dengan orang lain maka tidak akan mendapatkan kesuksesan,” pesan dari Wayan dalam arahannya.

Nantinya akan ada dosen dari fakultas yang akan mendampingi mahasiswa ketika melaksanakan magang di industri.

Dosen pendamping akan memastikan apa yang dilakukan atau dikerjakan para mahasiswa sudah sesuai dengan standar kualitas, yang sudah disepakati oleh mitra industri dengan FILKOM.

Harapannya mahasiswa yang akan terjun di industri tetap menjaga nama baik fakultas maupun universitas, dan dapat memberikan kesan dan dampak yang baik terhadap mitra kerja, sementara bagi mahasiswa sendiri agar dapat menjadi lebih berkompeten dan kelak menjadi lulusan yang sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh fakultas. Di akhir acara dekan juga memberikan selamat bagi para mahasiswa yang terpilih dalam Program Magang Industri dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka Tahun 2021 ini.(drn/Humas UB)