Pelatihan Uji Kualitas Semen untuk Penguatan Program Klaster Sapi Potong

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) yang tergabung dalam tim klaster sapi potong mencanangkan program pengembangan sapi potong di Kabupaten Malang. Upaya tersebut untuk mewujudkan swasembada daging nasional, sehingga dapat meningkatkan populasi sapi potong lokal dan menekan jumlah impor daging sapi maupun produk olahannya.

Program yang diketuai oleh Rizki Prafitri Ph.D itu menggandeng Bank Indonesia (BI) Cabang Malang serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaupaten Malang. Dilaksanakan selama tiga tahun kedepan, dengan pemberian pelatihan rutin tiap bulan melalui topik yang berganti-ganti.

Agenda kegiatan kali ini adalah pelatihan uji kualitas semen bagi petugas pelaksana inseminasi buatan (kawin suntik) kepada ternak atau inseminator, Selasa (8/9/2020). Pelatihan diikuti oleh 20 inseminator dari Dinas Peternakan Kabupaten Malang dengan mendatangkan Dr. Ir. Nurul Isnaini, MP (Dosen Fapet UB ahli produksi ternak) sebagai narasumber. Didampingi M. Bahrudin (Laboran Reproduksi Ternak) dan Rifa’i. S.Pt (mahasiswa Program Magister (S2) Fapet UB) sebagai fasilitator.

Rizki mengatakan tujuan pelatihan ialah memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kebuntingan serta pengetahuan dan ketrampilan uji kualitas semen. Harapannya inseminator dapat melakukan uji kualitas semen secara mandiri.

Pada kesempatan itu selain presentasi, Nurul juga melakukan diskusi dengan peserta mengenai permasalahan-permasalahan yang dihadapi saat melakukan IB. Selanjutnya inseminator berlatih secara mandiri melakukan uji kualitas semen menggunakan mikroskop dan mengidentifikasi kemampuan bergerak semen (motilitas). (dta/Humas UB)

 

  From Berita UB

 See also