Pelatihan Pemanfaatan Google Application Masyarakat Gondowangi

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Penyerahan Screen Proyektor
Tim Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya (UB) berbagi ilmu dan pengetahuan kepada Perangkat Desa dan Tokoh Masyarakat Desa Gondowangi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang tentang bagaimana memanfaatkan Google Aplication, Rabu (2/9/2020).

Google telah menyediakan berbagai aplikasi (dikenal dengan Google Application) yang dapat digunakan untuk pengolahan data.

Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, siapapun dapat mengunduhnya dengan mudah. Atas dasar kemudahan ini, maka tim Doktor Mengabdi yang diketuai Dr. Noor Hidayat, M.Si., Zuraidah Fitriah, S.Si.,M.Si., Syaiful Anam, S.Si.,M.T.,Ph.D, dan Candra Dewi, S.Kom.,M.Sc., memberikan pelatihan berupa Google Sheet, Google Form dan Google Data Studio.

Pemateri mengawali penjelasan tentang apa dan bagaimana memanfaatkan Google Drive, yang sangat bermanfaat untuk penyimpanan berbagai dokumen dalam bentuk file.

Penjelasan dilanjutkan dengan pemaparan tentang Google Sheet, Google Form dan Google Data Studio.

Google sebagai spreed sheet merupakan suatu fasilitas yang disediakan untuk menyimpan berbagai data yang disusun dalam bentuk tabel.

Selanjutnya data yang sudah tersimpan dalam tabel tersebut, dapat diolah sesuai kebutuhan dan dapat diintegrasikan dengan website.

Dengan demikian hasil olahan data tersebut dapat ditampilkan dalam website dengan model penampilan yang bermacam-macam dalam bentuk tabel, diagram, grafik, dan lain-lain.

Noor Hidayat, menjelaskan pengolahan dan penampilan data merupakan suatu bagian yang sangat penting bagi suatu organisasi, terutama Desa Gondowangi.

“Atas dasar pentingnya pengolahan dan penampilan data, Tim Doktor Mengabdi mengolah data kependudukan Desa Gondowangi yang ditampilkan dalam Website Desa Gondowangi. Tentu saja kalau data tersebut tidak segera diupdate, suatu saat bisa jadi merugikan pihak desa atau masyarakat Desa Gondowangi,”katanya.

Oleh karena itu, dia menambahkan pelatihan ini memiliki suatu arti dan makna yang sangat penting bagi Desa Gondowangi.

Selanjutnya, karena yang mengetahui data tersebut adalah Perangkat Desa, maka sudah menjadi keharusan bagi perangkat desa untuk memahami cara/metode dalam mengupdate data.

Untuk memudahkan mempelajari kembali tentang cara/metode yang telah dilatihkan, semua peserta mendapat seminar kit dalam bentuk modul materi pelatihan.

Selain itu, untuk semakin memudahkan pemahaman terhadap materi yang diberikan, para peserta dipandu oleh Tim Doktor Mengabdi yang terdiri dari dosen, mahasiswa, dan tim teknis.

Dalam sambutannya, Danis mengucapkan terima kasih kepada Tim Doktor Mengabdi yang telah berkenan memberikan ilmu pengetahuan kepada Perangkat Desa dan Tokoh Masyarakat Desa Gondowangi.

“Tentu saja kami menyadari. Untuk memahami ilmu yang diberikan bukan hal yang mudah. Meskipun demikian kami yakin teman-teman Perangkat Desa dan Tokoh Masyarakat Desa Gondowangi dapat memahami dan mengamalkan ilmu yang didapat untuk kemajuan Desa Gondowangi,”katanya.

Setelah selesai acara penutupan, Noor Hidayat menyerahkan souvenir kepada Kepala Desa Gondowangi Danis Setyo Budi Nugroho sebagai kenang-kenangan. Penyerahan souvenir berupa sebuah Screen Proyektor berkuran besar ini sebagai suatu bentuk ucapan terima kasih dan apresiasi bagi Desa Gondowangi.

Noor Hidayat mengatakan Desa Gondowangi merupakan salah satu desa yang perkembangannya pesat, sehingga banyak yang melirik dan berkunjung karena ingin bekerja sama.

“Ketika ada tamu yang berkunjung pasti perangkat desa akan mempresentasikan apa yang ingin disampaikannya. Nah dengan adanya screen berukuran besar ini diharapkan presentasi yang disampaikan menjadi semakin jelas dan mantap. Mudah-mudahan souvenir ini bermanfaat bagi Desa Gondowangi. [NOR/Humas UB].