Pelatihan Jurnal Tingkatkan Kapabilitas Dosen dan Tendik PSDKU UB Kediri

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB) menggelar Pelatihan Jurnal untuk dosen dan tenaga kependidikan (tendik) PSDKU Universitas Brawijaya (UB) Kediri pada Senin, (27/5/2024) di Ruang Pertemuan 2, Gedung Perpustakaan UB dan dipandu oleh Cuikitalia sebagai pembawa acara untuk meningkatkan kemampuan dosen dan tendik PSDKU UB Kediri dalam menulis dan mempublikasikan karya ilmiah pada jurnal bereputasi. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen dan tenaga pendidik yang antusias mengikuti materi-materi yang disajikan oleh para pemateri.

Dedy Gusra, S.Ag membuka pelatihan dengan memberikan materi tentang        “ iThenticate”, membahas proses autentikasi dan otorisasi dalam publikasi jurnal. Annisty Nurul Fajriyah, A.Md, selanjutnya memaparkan mengenai “Repository UB”, sebuah platform digital yang dikelola Perpustakaan UB untuk menyimpan dan mempublikasikan karya ilmiah dosen dan mahasiswa.

Materi ketiga disampaikan oleh Ir. Heri Prayitno, yang memberikan pemaparan tentang “E-Resources yang dilanggan UB dan AI untuk Penelitian”. Dalam sesi ini, para peserta mendapatkan wawasan mengenai akses dan pemanfaatan sumber-sumber elektronik yang dilanggan oleh Perpustakaan UB, serta pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung kegiatan penelitian.

“Kami berharap pelatihan ini dapat membekali para dosen dan tendik PSDKU UB Kediri dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menghasilkan publikasi jurnal yang berkualitas. Hal ini sejalan dengan upaya kami untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas penelitian di lingkungan Universitas Brawijaya,” ujar Dr. Iwan Permadi, Kepala Perpustakaan UB, dalam sambutannya.

Para peserta pelatihan antusias mengikuti setiap sesi dan aktif berdiskusi dengan para pemateri. Mereka mengapresiasi upaya Perpustakaan UB dalam memberikan pelatihan yang sangat relevan dengan kebutuhan dosen dan tendik dalam mengembangkan karier akademik.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami, terutama dalam meningkatkan kemampuan publikasi ilmiah di jurnal bereputasi. Kami berharap dapat menerapkan ilmu yang didapatkan untuk meningkatkan produktivitas riset di PSDKU UB Kediri,” kata salah satu peserta pelatihan.

Pelatihan Jurnal ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan UB untuk mendukung pengembangan kompetensi akademik dan penelitian di lingkungan UB, khususnya di PSDKU UB Kediri. Diharapkan, para peserta dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dan berkontribusi pada peningkatan publikasi karya ilmiah berkualitas. (IWN/OKY/Humas UB).