Pelatihan APC IEEE

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Perpustakaan Universitas Brawijaya dan IEEE menghadirkan sebuah acara pelatihan tentang publikasi ilmiah dan IEEE Article Processing Charge (APC)  untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang proses publikasi ilmiah dan menghilangkan ketidakpastian yang sering terjadi dalam hal biaya publikasi.

Pelatihan ini diadakan Senin, (30/10/2023) di Ruang Meeting 1, Gedung Perpustakaan Universitas Brawijaya, Lantai 1menjadi kesempatan yang baik bagi para peneliti, mahasiswa, dan staf universitas untuk memahami lebih dalam tentang IEEE APC dan prosedur publikasi yang berkaitan.

 

 

Dalam acara ini, narasumber utama adalah Deden Ramdhani, S.Sos, yang menjabat sebagai Account Executive/IEEE Product Specialist. Dia memberikan materi yang komprehensif mengenai topik-topik berikut apa itu IEEE APC (Article Processing Charge): Peserta akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang biaya pemrosesan artikel dalam IEEE dan manfaatnya, glossary of Common Terms: Para peserta akan diberikan daftar istilah-istilah umum yang sering digunakan dalam proses publikasi ilmiah, membantu mereka memahami terminologi yang digunakan, author Process for IEEE OA Submission with APC (Article Processing Charge): Pelatihan ini akan memberikan langkah-langkah praktis untuk penulis yang ingin mengajukan artikel mereka kepada IEEE dengan memperhitungkan biaya pemrosesan artikel, submission Process and Post Acceptance: Peserta akan diberi panduan mengenai proses pengajuan artikel dan langkah-langkah yang harus diikuti setelah diterima, rights Link for Scientific Communication: Materi ini akan membantu peserta untuk memahami hak cipta dan lisensi yang berkaitan dengan publikasi ilmiah, resources for more information: Pelatihan ini akan mengenalkan peserta kepada sumber daya tambahan yang dapat membantu mereka dalam proses publikasi ilmiah, seperti panduan dan alat yang berguna.

“Di Indonesia hanya ada 3 kampus yang menjalin kerjasama APC yang sah dengan IEE yaitu ITB, UB dan UI. Token berlaku salam 12 bulan yaitu batas waktunya hingga bulan Agustus 2024. Universitas Brawijaya mendapatkan Free APC dari IEEE senilai 15.000 USD (Rp 235.695.000) untuk 10 APC. Oleh karena itu Bapak Ibu di UB silakan manfaatkan kesempatan berharga ini dengan sebaik-baiknya,”kata Deden.

 

 

Dengan pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan ini, diharapkan bahwa peneliti, mahasiswa, dan staf universitas akan lebih percaya diri dalam melakukan publikasi artikel mereka di IEEE. (IHW/Humas UB)