P4OP Lakukan Monev Ke Bagian Kemahasiswaan UB

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Dinas Pusat Pelayanan Pendanaan Personal dan Operasional Pendidikan (P4OP) Pendidikan DKI melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terkait program Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) kepada bagian kemahasiswaan Universitas Brawijaya (UB), Senin (23/5/2022) di Gedung lt. 3 Rektorat Universitas Brawijaya. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memantau program beasiswa yang sudah berjalan dan untuk mendapatkan feedback dari mahasiswa terkait pelaksanaan program KJMU.

Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Agung Pramana Warih Marhendra, M.Si., menyampaikan kegiatan hari ini membahas tentang perkembangan mahasiswa penerima beasiswa dan perencanaan program terbaru dari P4OP, antaralain aktivitas pengembangan softskill, pengabdian masyarakat, penyediaan kegiatan internship, serta mekanisme komunikasi antar institusi terkait pengelolaan beasiswa.
“Harapannya setelah dilakukan Monev ini, kemahasiswaan UB bersama dengan Dinas P4OP Pendidikan DKI akan semakin baik dan saling bisa mengawasi terhadap penggunaan dana kepada mahasiswa penerima KJMU,” kata Agung.
KJMU merupakan program beasiswa dari pemprov DKI untuk anak-anak DKI yang berkuliah tidak hanya di Jakarta, tapi juga di daerah-daerah lain di Indonesia. KJMU diberikan sejak mereka aktif berkuliah hingga mereka lulus. Setiap mahasiswa penerima beasiswa mendapatkan bantuan uang kuliah sebesar Rp 9 juta per semester.

Ade Chandra berharap mahasiswa yang menerima KJMU bisa lulus dan ketika kembali ke Jakarta atau tinggal di daerah lain bisa memiliki kesempatan bekerja yang lebih baik.

“Kami berharap mahasiswa penerima beasiswa atau yang biasa disebut Naramuda selain bisa mendapatkan kesempatan bekerja, juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Sehingga menjadi generasi yang berguna dan bermanfaat,” kata Ade.

Sementara itu, Arif Syarifudin dari Fakultas Pertanian (FP) mengatakan bahwa jumlah yang diterima per semester bisa membantu biaya kuliahnya dan berharap program ini bisa terus berlangsung supaya mahasiswa DKI bisa terus merasakan manfaat dari KJMU. (FIA/Humas UB)