MMD UB di Desa Patean Sumenep Latih Masyarakat Maksimalkan Teknologi Digital

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Kelompok 996 MMD UB di Desa Patean Sumenep Latih Masyarakat Maksimalkan Teknologi Digital

Kurangnya pemanfaatan penggunaan teknologi digital di Desa Patean, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep terutama dalam penggunaan perangkat lunak menjadi salah satu perhatian khusus. Hal tersebut menjadi dasar dalam terlaksananya program Pelatihan Keterampilan Penggunaan Software Microsoft Office oleh Kelompok 996 Mahasiswa Membangun 1000 Desa Universitas Brawijaya (MMD UB) di desa tersebut.

Pelatihan yang digelar Senin (24/7/2023) ini ditujukan kepada Kepala Desa, Perangkat Desa, Pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Masyarakat Desa Patean.

Salah satu penanggungjawab kegiatan pelatihan Alief Nur Safitriana Iskandar mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat Desa Patean khususnya dalam mengelola administrasi desa yang sangat berhubungan langsung dengan penggunaan software.

“Para peserta diberikan modul Modul Pelatihan berupa soft file yang dapat diakses melalui link Google Drive, serta demonstrasi pembuatan surat undangan menggunakan Microsoft Word. Peserta diarahkan secara langsung agar dapat mengoperasikan Microsoft Word dengan baik dan benar,” terang Alief.

Slah satu peserta Bapak Serda Suhaimi selaku BABINSA Desa Patean merasa senang dengan terlaksananya program ini karena sangat membantu bagi masyarakat sekitar yang kurang melek teknologi.

“Adanya modul pelatihan juga dapat membantu dalam memudahkan pengaplikasian Microsoft Word jangka panjang,” ucap Serda.

Rediyanto selaku Kepala Dusun Patean Selatan juga mengungkapkan melalui pelaksanaan pelatihan ini, Ia merasa sangat terbantu dalam melakukan tata kelola administrasi kedepannya.

“Oleh karena itu, kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman serta keterampilan penggunaan teknologi digital berupa software Microsoft Word  agar dapat dimanfaatkan secara optimal,” Katanya.

Kegiatan ini juga didukung penuh oleh Kepala Desa Patean demi kemajuan administratif desa. [MMD996/Irene]