Manfaatkan Sosial Media, UB Adakan Sosialisasi UTBK-SBMPTN 2021

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Talkshow Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur UTBK-SBMPTN Tahun Akademik 2021/2022 dilaksanakan secara live Instagram @univ.brawijaya dan @radio_ub, Senin (15/3/2021). Tercatat kegiatan ini disaksikan oleh lebih dari 300 peserta.

Koordinator Perencanaan Akademik Kerjasama Heri Prawoto Widodo, S.Sos, M.AB. menyampaikan informasi mengenai mahasiswa baru beliau mengatakan bahwa secara umum setiap tahunya UB menerima mahasiswa anatara 14000-17000 untuk D3, S1, S2 dan S3.

Disisi lain kelengkapan seperti akreditasi, prestasi baik nasional maupun internasional sudah sangat memadai. Universitas Brawijaya merupakan  perguruan tinggi yang masuk 10 besar ditingkat nasional, pada ringkat Internasional banyak penghargaan yang diraih oleh UB baik di Webometrics dan versi THE (Times Higher Education). 

Lebih lanjut, Hery menjelaskan mengenai fasilitas yang tersedia baik Mulai dari ruang kelas, perpustakaan, gazebo sudah dirancang sesuai kebutuhan mahasiswa. Untuk program studi Brawijaya termasuk unggul yang menjadi pembeda  hanya peminat setiap program studi tersebut, lulusan UB pun rata-rata sudah mendapat pekerjaan baik itu di dunia industri maupun wirausaha hanya dalam durasi kurang dari 6 bulan hal itu menunjukkan bahwa prestasi lulusan UB pun baik di dunia kerja.

Penerimaan mahasiswa baru tahun 2021 dibedakan menjadi 3 jalur yaitu SNMPTN 30%, SBMPTN 40%, dan mandiri 30%. Seperti tahun sebelumnya, bagi mahasiswa difabel terdapat jalur tertentu dan  telah tersedia ruang yang dapat diakses sehingga membantu mahasiswa yang memang memiliki keterbatasan. Jika mahasiswa difabel tidak berhasil pada SNMPTN terdapat program penerimaan khusus difabel yang diujikan bersamaan dengan mandiri dan dapat dilihat di laman selma.ub.ac.id.

Adapun strategi yang disampaikan beliau pertama, dengan melihat kuota diterima tahun lalu kedua, passion mahasiswa itu sendiri ketiga, prestasi yang diraih di saat SMA hal tersebut harus dipikirkan sejak awal sebelum mendaftar. Untuk pelaksanaan UTBK UB telah disiapkan komputer sebanyak 1275 perangkat untuk 1 sesi, dengan begitu kampus dapat menerima sekitar 2500 mahasiswa yang ikut tes di UB kondisi ruang telah dipersiapkan dan sudah di antisipasi. Beliau berpesan agar mahasiswa mempersiapkan diri dengan baik dan jujur. 

“Pesan saya untuk mempersiapkan diri dengan baik, kejujuran tidak ada jalur belakang semuanya jujur, siapkan skill dan bekerja lebih keras dari yang lain semua punya peluang yang lebih banyak. Kemudian cintailah fakultas prodi yang dipilih, karna tidak ada artinya IPK anda besar tetapi tidak mengikuti pola yang ada,” katanya  

Disisi lain Kotok Gurito, S.E selaku Subkoordinator Humas dan Kearsipan Universitas Brawijaya menyampaikan proses penerimaan jalur UTBK-SBMPTN yang dimulai tanggal 15 maret – 1 April 2021 informasi lebih lanjut dapat dilihat di laman portal.ltmpt.ac.id  adapun hal yang dibutuhkan pada SBMPTN  kali ini, mulai dari persyaratannya yang pertama, memiliki akun LTMPT kedua, warga negara Indonesia dan memiliki NIK ketiga, siswa SMA, MA  dan SMK sederajat lulusan 2021 harus memiliki surat keterangan lulus dan bagi paket C maksimal 25 tahun per 1 Juli. 

Keempat, lulusan SMA tahun 2019 dan 2020 atau paket C harus memiliki ijazah dan kelima, tidak lulus dalam SNMPTN 2019, 2020, 2021 ( bagi yang sudah lulus SNMPTN tidak boleh mendaftar). Informasi lebih lanjut dapat diliat di web resmi LTMPT. 

Berikut tahapan UTBK-SBMPTN yaitu: 

1) melengkapi biodata

2) memilih prodi

3) mengunggah portofolio

4) memilih pusat UTBK (dimalang bertempat di UB dan UM)

5) melihat nomor pendaftaran

6) memilih kartu peserta

7) mengunduh kartu peserta

Setelah mendaftar dapat dilihat jadwal ujiannya, terdapat 2 gelombang :

Gelombang pertama, tanggal 12 – 18 April 2021

Gelombang kedua, tanggal 26 – 2 Mei 2021 

Selanjutnya beliau menyampaikan, bagi calon mahasiswa yang secara ekonomi kurang mampu dapat mengajukan KIP kuliah (Kartu Indonesia Pintar) yang sudah dibuka hingga tanggal 31 Maret 2021 mendatang info lebih lanjut terdapat di kip-kuliah.kemendigbud.go.id . Kemudian untuk melihat informasi terbaru dapat di cek di laman selma.ub.ac.id 

“Banyak berdoa, andai kata tidak lolos di SNMPTN, masih ada jalur UTBK-SBMPTN ada juga jalur mandiri yang biasanya dibuka 1 Minggu sebelum pengumuman SBMPTN yaitu 14 Juni. Gunakan kesempatan itu apabila tidak lolos di UTBK-SBMPTN,” ungkap Kotok. (Rahma/VQ)