Mahasiswa UPM Beri Pelatihan Pembuatan Kompos di SD Brawijaya Smart School

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Sebanyak 25 mahasiswa dari Fakulti Pengajian Pendidikan Universitas Putra Malaysia (UPM) mengadakan kegiatan community service berupa pelatihan pembuatan pupuk organik berupa kompos dari limbah sampah daun kepada siswa-siswi SD Brawijaya Smart School. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah dan pengolahan limbah organik menjadi kompos yang bermanfaat bagi lingkungan. Kegiatan merupakan salah satu bagian rangkaian dari program International Students Mobility yang merupakan kolaborasi antara Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya dan Fakulti Pengajian Pendidikan UPM Malaysia yang berlangsung pada (8/5/2024).

Para siswa sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Mereka diajarkan langkah-langkah dalam mengumpulkan, memilah, dan mengolah sampah daun menjadi kompos. Selain itu, mahasiswa UPM juga menjelaskan manfaat kompos bagi tanah dan tanaman, sehingga siswa-siswi dapat memahami pentingnya menjaga lingkungan sejak dini.

Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat hubungan internasional antara kedua universitas serta memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa UPM dan siswa-siswi BSS. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan generasi muda semakin peduli terhadap lingkungan dan mampu menerapkan ilmu yang mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari.

Acara ini ditutup dengan penyerahan simbolis hasil kompos yang telah dibuat kepada pihak sekolah, sebagai tanda terima kasih dan apresiasi atas partisipasi aktif dari seluruh peserta.(zma/OKY/Humas UB)