Mahasiswa FTP UB Juarai Kompetisi Pangan Se-Asia

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Tiga mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) Daisy , Salsabilla Zahidatu Abdillah dan Dwi Uchtiyawati Rohmah, meraih juara pertama  kompetisi pangan bertaraf internasional bernama The Seafast-Indofood Food Product Development Competition 2020.

Daisy dan kawan – kawan yang tergabung dalam Tim Gincha berhasil menjadi juara 1 kompetisi tersebut dengan inovasi minuman kombucha dari fermentasi teh bunga telang yang diinfuse dengan rimpang jahe. Inovasi ini membuat Gincha memiliki manfaat sebagai minuman detoksifikasi sekaligus probiotik yang membantu menurunkan resiko penyakit tidak menular (PTM) atau non-communicable diseases (NCD)s.

Gincha memiliki komposisi fitokimia tanin, flobatanin, karbohidrat, saponin, triterpenoid, fenolmfavanoid, flavanol glikosida, protein, alkaloid, antrakuinon, antisianin, stigmasit 4-ena-3,6 dion, minyak volatil dan steroid bunga telang sehingga empunyai banyak manfaat bagi kesehatan antaralain antiparasit dan mampu berperan sebagai insektisida, analgesic, anti radang, antipiretik, antioksidan, kemampuan hipolidemik, kemampuan diuretic dan anti urolithiasis, kemampuan immonomodulatori, serta kemampuan sebagai antimikroba.

“Alhamdulillah karya kami terpilih sebagai sebagai yang terbaik. Padahal ada banyak sekali drama yang kami lalui dalam prosesnya. Apalagi kami bertiga berasal dari daerah yang berbeda dan sedang berada di tengah pandemi COVID-19. Padahal pelaksanaan penelitian juga harus dilakukan secara online. Jadi ada berbagai romantika yang kami lalui, seperti misalnya koneksi internet yang tidak stabil ditambah mobilitas yang terbatas karena pandemi. Alhamdulillah ternyata berhasil jadi yang terbaik. Rasanya jadi tidak sia sia perjuangan kemarin. Mungkin juri menilai karya kami sebagai yang terbaik karena analisis market kita paling akurat diantara peserta lain,” demikian Daisy menjelaskan.

Food Product Development Competition adalah kompetisi pengembangan produk tahunan. Tema tahun ini “Indigenous Healthy Food and Beverages for Promoting the Uniqueness and Richness of Asia” bertujuan untuk menghasilkan produk inovasi dengan mengangkat potensi lokal dan pangan tradisional Asia berdaya saing komersial.  Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center Institut Pertanian Bogor diselenggarakan bekerja sama dengan PATPI dan  PT. Indofood dengan dua kategori food dan beverage. Gincha – FTP UB sendiri berhasil keluar sebagai juara pertama pada kategori beverage dengan menyisihkan ratusan peserta se Asia dan 10 tim finalis lainnya. Tidak hanya Gincha yang digawangi Daisy dan kawan kawan, ada pula Eirene Charista Dea yang juga mahasiswa FTP UB berhasil meraih juara 1 pada kategori e-poster. (dse/Humas UB)

  From Headline

 See also