Mahasiswa FPIK dan FMIPA Lolos Program Sakura

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Foto bersama mahasiswa Universitas Ritsumeikan
Foto bersama mahasiswa Universitas Ritsumeikan

Sebanyak empat perwakilan mahasiswa dari Universitas Brawijaya antara lain Ilham Misbakudin Al Zamzami (Pascasarjana FPIK UB), Fatmawati Agustina (Pascasarjana FMIPA UB), Luthfia Ayu Dhea (Pusat Studi Pesisir dan Kelautan UB), dan Roudatul Ibdiah (Pusat Studi Pesisir dan Kelautan UB) mengikuti short course di Ritsumeikan University. Keberangkatan mereka dalam rangka mengikuti Sakura Program Exchange in Science ini berlangsung selama satu pekan di awal bulan Desember tahun lalu.

Mereka mengunjungi Negeri Sakura tersebut didampingi dosen UB yakni Adi Tiya Yanuar yang merupakan lulusan Master dari Ritsumeikan University. Selain itu juga terdapat peserta dari negara lainnya yaitu Laos dan Thailand.

Sakura Program Exchange in Science merupakan program pertukaran pelajar dan mahasiswa dari berbagai negara berkembang ke Jepang dengan tujuan untuk memperkenalkan dan memberikan pengalaman terkait perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Jepang. Selama disana aktivitas yang diikuti diantaranya joint laboratory dan aktivitas bersama mahasiswa setempat, field work, belajar Bahasa Jepang, budaya tradisional, Tur Kota Kyoto, dan berbagi cerita tentang budaya.

Menurut THE Japan University Rangkings, Ritsumeikan University merupakan salah satu universitas unggulan Di Jepang dengan rangking 31 dan rangking 8 untuk universitas swasta. Sedangkan untuk wilayah Jepang Barat, Ritsumeikan University rangking 4 dan rangking 1 untuk universitas swasta.[ilham/siti-rahma]