Mahasiswa Fapet Buat Pakan Bebek Kaya Nutrisi Berbahan Paku Air

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Bebek merupakan salah satu komoditas ternak yang memiliki peran cukup penting dalam memenuhi ketersediaan protein hewani, sehingga berpotensi untuk dikembangkan. Hal ini ditandai dengan semakin meningkatkanya populasi bebek dan konsumsi telur bebek di wilayah Jawa Timur dengan populasi 6.473.032 ekor.

Tingginya populasi bebek akan sejalan dengan meningkatnya kebutuhan pakan.

Permasalahan yang sering kali dihadapi peternak yaitu kenaikan harga pakan yang disebabkan harga bahan baku pakan yang naik sehingga diperlukan adanya inovasi bahan baku pakan agar dapat menekan biaya produksi.

Hal tersebut yang mendasari lima mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya yang terdiri dari,yakni Izdihar Zaky Afif, Tiara Diva Octavia, Assifa Nurlailia , Irma Widi Astuti, Andhani Kurnia Rahman dibawah bimbingan dosen Dr.Ir. Eko Widodo, M.Agr.Sc. M.Sc. menciptakan inovasi produk pakan bernama Gemilang Feed.

Gemilang Feed merupakan produk pakan lengkap yang berbahan dasar Azolla, Azolla merupakan jenis tumbuhan paku air yang ketersediaannya sangat melimpah di alam.

Menurut Izdihar, Kandungan azolla mempunyai nilai protein dan kandungan nutrisi lainnya yang dinilai mampu menggantikan bahan pakan yang memiliki harga relatif mahal seperti bungkil kedelai.

Izdihar mengatakan Gemilang Feed merupakan pakan lengkap untuk bebek layer berbasis fermentasi Azolla dalam bentuk crumble. Selain azolla, GEMILANG feed mengandung komposisi beberapa bahan lainnya, seperti dedak, nasi aking, EM4, mineral, minyak sawit, susu ternak, dan molase.

“Dari formulasi tersebut GEMILANG feed memiliki kandungan nutrisi yaitu protein kasar sebesar 17 persen, lemak kasar 3,5 persen, kalsium 2 persen, protein 0,7 persen, vitamin B12, vitamin D3, dan asam amino esensial”

Produk pakan ini akan dijual dengan dua proses, yaitu penjualan secara langsung kepada peternak dan juga bisnis ke bisnis melalui toko pakan ternak yang juga merupakan reseller dari produk kami

Dan produk GEMILANG Feed yang dipasarkan oleh mahasiswa Universitas Brawijaya ini terdiiri dari dua ukuran kemasan karung yaitu dengan muatan 15 Kg, dan 50 Kg, untuk harga pakan ukuran 15 kg dijual seharga Rp100.000, dan untuk ukuran 50 kg dijual seharga Rp300.000.

“Kami berharap dengan adanya produk ini dapat mensuplay kebutuhan pakan peternak bebek dan dapat menekan biaya produksi pakan,” kata Izdihar.