MABA S2 FILKOM, Speaker di Pycon Indonesia 2020

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Kuncahyo Setyo Nugroho (2020) mahasiswa baru program Magister Ilmu Komputer (S2), Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) turut ambil bagian sebagai pembicara (speaker) dalam Python Conference Indonesia 2020 (Pycon 2020) pada 14-15 November 2020. Hal ini merupakan pencapaian yang membanggakan mengingat Kuncahyo baru menjalani perkuliahan pertamanya di Magister Ilmu Komputer FILKOM UB pada Agustus 2020 lalu.

Kuncahyo menyampaikan bahwa Pycon adalah acara tahunan yang diselenggarakan komunitas dan peminat Bahasa pemrograman Python di seluruh dunia. Output dari konferensi ini adalah presentasi para speaker yang telah lolos seleksi. Sebagai bahan seleksi pada tahap awal calon speaker harus mengirimkan proposal yang berisi deskripsi materi presentasi yang akan dibawakan.

Pychon Indonesia 2020 mengangkat tema “Connect – Collab – Contribute”. Untuk tema tersebut Kuncahyo mengangkat materi talk atau presentasi berjudul “Text Preprocessing Pipeline for Bahasa ​​using Python: Concept, Steps, Tools, and Examples”. Presentasinya membahas tentang text processing pada Bahasa Indonesia menggunakan python, termasuk didalamnya mengupas tentang pentingnya text processing, jenis text processing dan library yang digunakan dan implementasinya pada python.

Dari keikutsertaannya dalam konferesi tersebut Kuncahyo mengaku mendapat banyak manfaat, antara lain sebagai ajang berbagi pengetahuan dan menambah relasi dari dalam maupun luar negeri. Meski diselenggarakan secara online, namun hal tersebut menurut Kuncahyo tidak mengurangi keseruan dan semangat peserta.

“Sebelumnya acara diagendakan akan dilaksanakan di Kota Bandung atau Yogyakarta. Tapi ternyata harus dilakukan secara online karena pandemi covid-19. Panitia penyelenggara mengemas acara dengan baik. Bagi teman-teman yang ingin ikut, bisa menunggu infonya di media sosial Python Indonesia karena ini acara tahunan. Yang perlu dipersiapkan adalah materi terbaru yang menarik,” jelas Kuncahyo. [dna]

Kuncahyo S2 FILKOM presentasi Kuncahyo