Lotion Halal dari Kolagen Kulit Kelinci

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Kolagen adalah jenis protein terbesar pada tubuh yang terbuat dari asam amino, sebagai pembangun utama tulang, kulit, tendon, dan ligamen. Kolagen juga dapat ditemui pada bagian tubuh lainnya seperti pembuluh darah, kornea, dan gigi.

Secara alami kolagen dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Akan tetapi seiring bertambah usia, produksi dalam tubuh semakin berkurang. Sehingga kulit tak lagi sekencang seperti usia muda, kekenyalannya pun akan berkurang. Hal tersebut memicu timbulnya keriput pada kulit.

Cara praktis mengatasi masalah itu ialah melakukan perawatan kulit dari luar dengan menggunakan lotion berbahan kolagen. Namun  masih banyak kosmetik berbahan kolagen babi yang sering dijumpai.

Padahal kolagen juga dapat dihasilkan dari hewan yang halal, misanya kelinci. Kolagen diambil dari kulit kelinci yang merupakan hasil samping produk peternakan. Manfaatnya pun sama, bisa meningkatkan elastisitas dan  mengatasi masalah kulit seperti keriput.

Ditangan mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) serta Dosen pembimbing, Dr. Ir. Mustakim, MP., IPM kulit kelinci diolah menjadi lotion (pelembab) berbahan gelatin kulit kelinci bernama EXGEN.

Mereka terdiri dari Nailus Syarifah (Fakultas Peternakan) bersama anggotanya Zulfiana Fawaida (Fakultas Peternakan), Audry Naoni Putri (Fakultas Teknologi Pangan), dan Ahmad Anwar Roziqin (Fakultas Peternakan)

Ekstrak kolagen kulit kelinci diproses hingga menghasilkan gelatin yang menjadi bahan baku. Selanjutnya diberi campuran ekstrak bunga melati sebagai pengharum alami. EXGEN memiliki beberapa varian, seperti lidah buaya, bengkoang, dan mawar.

Inovasi produk kecantikan halal ini telah mendapat penghargaan di ajang LKTI Halal Patika 2020 yang diselenggarakan oleh LPPOM DIY, Sabtun(19/09/2020) melalui Zoom. (dta/Humas UB)

 

 

 

 

 

 See also