Library Class: Tools and Techniques for Successful Research and Writing Batch 2

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB) menggelar kegiatan Library Class bertema “Crafting Academic Excellence: Tools and Techniques for Successful Research and Writing” memberikan kontribusi positif dalam peningkatan keterampilan dan pemahaman mahasiswa pascasarjana UB dalam dunia penelitian dan penulisan akademis, (30/1/2024), di Ruang Pertemuan 1 Gedung Perpustakaan UB Lantai 1. Kali ini, para peserta adalah mahasiswa pascasarjana UB yang antusias mengikuti acara ini.

Pembicara dalam acara ini sangat berkualitas, terdiri dari Pitoyo Widhi Atmoko, S.Si,. M.Si dan Ir. Heri Prayitno, dua pakar yang memiliki pengalaman dalam kecerdasan buatan dan teknologi informasi. Acara ini dipandu dengan cermat oleh Cuikitalia SE., MM sebagai moderator.

Pitoyo Widhi Atmoko, mempresentasikan tentang kecerdasan buatan (AI), merincikan tentang implementasi kecerdasan buatan dalam konteks penelitian, yang berfokus pada contoh penggunaan Chat GPT. Dalam presentasinya, dia menjelaskan bagaimana teknologi kecerdasan buatan dapat diterapkan untuk memfasilitasi proses penelitian dan penulisan. Poin utama yang diungkap adalah penggunaan Chat GPT sebagai alat yang dapat membantu peneliti dalam membuat analisis data, menyusun tulisan, dan memperlancar proses penelitian mereka. Dengan memberikan contoh konkret, Pitoyo memberikan pemahaman mendalam kepada para peserta tentang potensi dan kegunaan praktis dari teknologi ini dalam konteks akademis.

Di sisi lain, Ir. Heri Prayitno memaparkan mengenai penggunaan EduVPN UB dan Mendeley sebagai dua alat penting dalam mendukung aktivitas akademis sehari-hari.

Dia memberikan penjelasan secara rinci tentang bagaimana EduVPN UB dapat digunakan untuk memastikan akses internet yang aman, sesuai dengan kebutuhan akademis.

Sementara itu, pembahasan tentang Mendeley berfokus pada manfaat alat tersebut sebagai platform pengelolaan referensi yang efisien. Ir. Heri Prayitno memberikan contoh penerapan langsung dari kedua alat ini dalam kegiatan sehari-hari mahasiswa, memperjelas cara mereka dapat meningkatkan efisiensi dalam menjalankan tugas-tugas akademis.

Materi yang disampaikan oleh keduanya tidak hanya memberikan pengetahuan teknis tetapi juga memberikan wawasan mendalam tentang alat dan teknik terkini yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam penelitian dan penulisan akademis. Peserta didorong untuk menerapkan konsep-konsep ini dalam praktik sehari-hari mereka, membuka peluang baru untuk meningkatkan kualitas penelitian dan penulisan mereka melalui pemanfaatan teknologi terkini. (iwn/oky/Humas UB).