Perpustakaan Adakan Kelas Academic Writing Bagi Mahasiswa Sastra Inggris

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB) mengadakan Library Class pada Selasa, (10/10/2023) di Ruang Pertemuan 1, Perpustakaan Universitas Brawijaya Lantai 1. Peserta Library Class adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Program Studi Bahasa dan Sastra: Sastra Inggris yang menempuh semester 5 yang sedang menempuh mata kuliah Academic Writing.

Academic writing adalah segala karya tulis yang dibuat berdasarkan kepentingan akademis. Jadi output utama dari penulisan akademis berbahasa Inggris seperti ini adalah untuk menghasilkan sebuah penemuan/argumentasi yang berkontribusi bagi ilmu pengetahuan. Academic writing bisa dilakukan oleh siapa saja. Akan tetapi umumnya academic writing banyak dilakukan oleh dosen, peneliti, dan mahasiswa perguruan tinggi. Academic writing juga bisa dilakukan oleh praktisi sesuai disiplin bidang yang diteliti.

Idealnya, academic writing memiliki struktur yang formal, sistematis, dan dan menggunakan bahasa ilmiah. Untuk itulah Ibu Fatimah mengajak para mahasiswanya untuk belajar kepada para Pustakawan Perpustakaan UB bagaimana menulis karya tulis yang benar dengan cara yang efisien dan efektif.

Saat ini, keberadaan AI bisa menjadi solusi bagi para mahasiswa dan dosen untuk menulis karya tulis dengan lebih efisien dan efektif. Salah satu Pustakawan Perpustakaan UB yaitu  Pitoyo Widhi Atmoko, S.Si., M.Si, memberikan materi-materi yang penting dalam sebuah penulisan karya ilmiah. Dalam pemaparannya, Widhi memulai dengan memberikan insight baru kepada para mahasiswa UB bahwa selama ini Perpustakaan sudah begitu dekat dengan para mahasiswa. Hal ini bisa dilihat pada aplikasi Gapura UB dimana terdapat fitur Layanan Perpustakaan UB.

Widhi juga mengenalkan pada para mahasiswa FIB tentang EduVPN UB yang harus dipergunakan jika mereka ingin mengakses koleksi E-Resources yang nantinya akan sangat berguna sebagai sumber referensi karya tulis mereka. Widhi juga mengenalkan dan mengajarkan tentang Mendeley.

Mendeley merupakan program komputer yang dikembangkan oleh Elsevier untuk mengelola makalah penelitian, mencari data penelitian, dan lainnya. Mendeley juga banyak digunakan untuk penulisan sitasi dan daftar pustaka dalam karya ilmiah, jurnal, dan skripsi. Tidak ketinggalan juga yang sedang trend saat ini yaitu ChatGPT yang sangat bermanfaat dalam membantu menulis karya tulis baik itu tugas akhir maupun penelitian. Dengan ChatGPT kita akan lebih mudah menulis step demi step mulai dari pertanyaan, tujuan, judul hingga latar belakang penelitian. (IWN/OKY/Humas UB)