Konsorsium 5 PTN untuk Dukung Merdeka Belajar

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Konsorsium Fakultas Teknik 5 PTN untuk Dukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS tanda tangani perjanjian kerja sama (MoU) bersama empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) secara daring, Senin (14/09/2020), yang disaksikan oleh Dirjen Dikti. Penandatanganan naskah kerja sama ini digelar pada kegiatan Launching Konsorsium Fakultas Teknik 5 PTN dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kelima PTN yang terdiri dari UB, Universitas Udayana, Universitas Hasanuddin, Universitas Sumatera Utara, Universitas Mulawarman ini sepakat bekerja sama dalam pertukaran mahasiswa Fakultas Teknik.

Dirjen Dikti Kemdikbud Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., PhD., IPM., ASEAN Eng menyampaikan, dengan adanya konsorsium ini diharapkan mahasiswa Fakultas Teknik lintas perguruan tinggi dapat saling bekerja sama terutama dibidang teknologi demi kejayaan bangsa Indonesia.

“Program seperti ini sudah banyak dilakukan di Uni Eropa di mana setiap mahasiswa wajib kuliah selama satu tahun di negara lain sesama anggota UE. Selain memperkuat keilmuan, program ini juga dapat memupuk rasa nasionalisme mahasiswa UE. Demikian juga di Indonesia, seperti kita ketahui saat ini alat kesehatan dan lainnya masih impor. Ini perlu dicermati dan dicari solusinya. Salah satunya dengan program pertukaran mahasiswa ini,” paparnya.

Nizam berharap kerja sama ini tidak berhenti pada pertukaran mahasiswa saja, tetapi dapat berkembang dan bersinergi di bidang yang lain.

Rektor UB menyambut baik kerja sama ini. “Kampus merdeka dan Merdeka Belajar tidak bisa berjalan tanpa adanya kerja sama. Pertukaran mahasiswa FT antar 5 PTN ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan SDM mahasiswa dan membangun kolaborasi antar perguruan tinggi. Apa yang sudah dirintis FT ini sudah bagus, dan UB siap melanjutkan dengan kerja sama fakultas lainnya,” tegas Nuhfil.

Guru Besar Fakultas Pertanian ini menambahkan, UB siap untuk bekerjasama dibidang lain seperti kegiatan penelitian, penjaminan mutu, kegiatan dosen, serta bidang lain untuk meningkatkan kualitas dan daya saing perguruan tinggi.

Setelah penandatanganan naskah MoU, dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antar Dekan FT dari lima PTN tersebut, dimana dari FT UB ditandatangani langsung oleh Dekan FT Prof. Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono, MT., IPU. [Irene]

  From Akademik