Kenalkan Produk Peternakan Sejak Dini Melalui Fun Learning

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Dosen Fapet UB kenalkan produk-produk peternakan pada anak PAUD melalui fun learning

Dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) memperkenalkan hasil produk peternakan kepada anak-anak usia dini. Kegiatan yang dibungkus melalui pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu (PAUD – IT) Insan Permata Kota Malang, 26 Mei – 13 Juni 2023. Tim ini diketuai oleh Dr. Sri Minarti, beranggotakan Prof. Tri Eko Susilorini, Prof. M. Junus, Hanief Eko S.,M.P., dan Poppy Satya Puspita, M.Si.

Sri Minarti mengatakan pendidikan anak yang dilakukan sejak usia dini pada usia 0-6 tahun bertujuan untuk memberikan stimulasi tepat bagi perkembangan fisik, mental, emosional, dan sosial secara optimal. Selain itu dapat mempersiapkan anak menghadapi tantangan, meningkatkan kualitas hidup, kemampuan berpikir, dan keterampilan.

Maka sebagai upaya peningkatan keterampilan anak dapat dilakukan dengan memperkenalkan pangan sebagai sumber energi dan gizi yang berasal dari produk hewani. Seperti dari daging ternak, telur, susu, dan madu.

Mereka menggunakan pendekatan fun learning dalam memperkenalkan produk peternakan melalui video gambar kartun yang menarik dan permainan. Sehingga anak-anak tidak jenuh dan menjadi kreatif, tanggap, berani, serta cekatan dalam menerima materi yang disampaikan.

Selain itu tim pengabdian juga menunjukkan secara langsung produk peternakan dalam bentuk segar dan olahan, membagikan produk kepada siswa berupa madu, telur rebus, susu UHT, ayam goreng, dan sosis, menghibahkan madu segar kepada guru sebagai suplemen harian saat mengajar, serta kampanye minum madu bersama.

Manfaat kegiatan ini selain sebagai pengenalan produk peternakan, sekaligus berdampak pada meningkatnya produk peternakan yang dikonsumsi masyarakat. Sehingga meningkatkan daya beli masyarakat dan permintaan produk peternakan,” ujar Minar (sapaan akrab Dr. Sri Minarti) (dta/Humas UB)