Kandang Closed House Fapet Siap Dihuni 5000 Pullet

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

tasyakuran kedatangan pullet dengan mengundang perangkat Desa Sumber Sekar dan Dusun Karangmloko

 

Pembangunan kandang closed house modern layer Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) telah rampung. Sebanyak 5000 ekor ayam petelur umur 13 minggu yang disebut pullet, didatangkan untuk menghuni kandang.

Kehadiran pullet-pullet ini disambut dengan acara tasyakuran dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Mengundang perangkat Desa Sumber Sekar dan Dusun Karangmloko, serta perwakilan dari Fapet UB dan PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tbk (CPI), Kamis (1/10/2020).

Kandang yang terletak 50 meter dari laboratorium lapang Sumber Sekar  itu merupakan hibah dari PT. CPI sebagai perusahaan unggas terbesar di Indonesia. Sedangkan untuk pullet pihak PT.CPI menerapkan sistem peminjaman, yangmana Fapet UB dapat mengembalikan modal dari hasil pemasaran telur apabila pullet sudah berproduksi.

Menurut Wakil Dekan I Fapet Dr. M. Halim Natsir, usia ayam pertama kali bertelur adalah 18-19 minggu, yang artinya lima atau enam minggu lagi. Sehingga pada periode sekarang sangat diperlukan kecukupan asupan kalsium dan vitamin D untuk menghasilkan kualitas dan kuantitas telur yang optimal pada puncak produksi.

Sementara itu kandang closed house  akan menerapkan teaching farm, yaitu dapat dimanfaatkan untuk praktikum dan penelitian bagi dosen maupun mahasiswa, serta media pengembangan wawasan bisnis perunggasan. (dta/Humas UB)

  From Headline

 See also