Hilangkan Stress bersama OPPA

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Stres adalah reaksi tubuh terhadap situasi yang tampak berbahaya atau sulit. Stres ringan dapat memacu seseorang untuk berpikir dan berusaha lebih cepat, sedangkan stres yang terlalu berat dan berkelanjutan, apabila tidak segera diatasi dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan. Seseorang yang mengalami stres akan kehilangan persediaan vitamin C dalam tubuhnya, sehingga membuat kondisi mental menjadi tidak stabil. Gejala stres yang terjadi secara ringan tidak bisa dianggap sepele, stres ringan yang dialami oleh seseorang secara berlarut-larut akan menimbulkan stres berat dan berakibat depresi.

Lima mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya merilis inovasi pelepas stres berbahan dasar jeruk. Fina Nidaul Mahalli, Elina Alfin Meida, Aurista Rachma Kusumawati, Bela Sania Twinki, dan Eka Mei Dita Erlinia yang dibimbing oleh Doddy Maulana, SE., MT., MSc. Kelompok ini menciptakan OPPA, produk aromaterapi berbahan dasar jeruk. “Seseorang yang mengalami stres akan kehilangan persediaan vitamin C dalam tubuhnya, sehingga membuat kondisi mental menjadi tidak stabil. Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan dan dapat mengurangi efek tekanan stres pada fisik atau psikologi seseorang”, ujar Fina.

Orange Plastic Paper Aromatherapy merupakan produk aromaterapi dalam bentuk plastic paper yang beraromakan buah jeruk yang dikemas secara praktis dengan harga yang ekonomis. Produk ini diproduksi dengan memanfaatkan sumber daya jeruk pada sentra perkebunan jeruk di Batu dan Malang. “Jeruk yang kami pilih adalah jenis Jeruk Madu Malang A dengan kualitas terbaik”, ujarnya. Dengan kemasan kecil dan praktis, memudahkan konsumen untuk membawa OPPA kemana saja dan dapat digunakan kapan saja.

Penggunaannya pun sangat mudah. Pengguna cukup menempelkan OPPA pada area pelipis atau di wajah untuk merasakan sensasi rileks.

Produk ini, imbuh Fina, dipasarkan secara offline dan online dengan memanfaatkan jejaring sosial Instagram dan Whatsapp Business untuk menjaring pembeli potensial. OPPA merupakan salah satu cara memanfaatkan kekayaan alam agar memiliki nilai ekonomis yang tinggi. “Selain itu juga sebagai upaya membuka lapangan kerja baru serta meningkatkan eksistensi buah lokal di pasar nasional dan internasional”, imbuhnya.

OPPA merupakan hasil Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) ini merupakan salah satu cara untuk memanfaatkan kekayaan alam di sekitar kita menjadi sesuatu yang lebih berguna dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Selain melatih kreativitas, melatih problem solving, juga dapat memperluas relasi.” pungkasnya. (VQ)