FMIPA UB Bantu Tingkatkan Kemampuan Guru SMA

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Brawijaya (UB) berkolaborasi dengan laboratorium matematika analisis mengadakan sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yag berhasil meningkatkan kemampuan guru matematika SMA di Kabupaten Banyuwangi dalam membuat presentasi matematika berbasis LaTeX. Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari para guru yang tergabung dalam MGMP Matematika SMA di Kabupaten Banyuwangi serta mendapat apresiasi nasional.

Kegiatan yang berlangsung pada Rabu, (12/7) di SMAN 1 Srono Kabupaten Banyuwangi tersebut dihadiri oleh 15 orang guru matematika dari Kelompok MGMP Matematika tingkat SMA di Kabupaten Banyuwangi. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan perangkat lunak LaTeX sebagai media alternatif dalam membuat presentasi matematika yang berguna untuk memecahkan masalah konsistensi dalam penulisan matematika baik simbol atau angka. Kegiatan ini diprakarsai oleh dosen Departemen Matematika UB dan Laboratorium Matematika Analisis: Ratno Bagus Edy W., S.Si., M.Si., Ph.D, Corina Karim S.Si., M.Si., Ph.D, Prof. Marjono, M.Phil, Drs. Abdul Rouf Alghofari, M.Sc, Ph.D, Dr. Sa’adatul Fitri, S.Si., M.Sc., dan juga didukung oleh lima orang mahasiswa aktif di Departemen Matematika UB yaitu: Jessy Atika(S1), Shelby Sasana Artha(S2), Muhammad Teguh Prayoga(S1), Eko Dedi Pramana(S2), dan Ni Made Asih(S3).

“Harapan dengan terlaksananya pengabdian ini adalah dapat membantu Bapak dan Ibu Guru Matematika dalam membuat bahan ajar presentasi maupun modul ajar matematika lebih mudah, efisien, dan konsisten,” jelas Ratno Bagus Edy W.

Menurut M. Muslikh salah satu dosen Departemen Matematika UB peserta sangat antusias dalam membuat presentasi dengan menggunakan Overleaf LaTeX. Kegiatan ini diawali dengan pemberian materi serta file untuk dijalankan pada Overleaf LaTeX sedemikian sehingga ketika materi disampaikan peserta bisa langsung mempraktikannya dalam perangkat masing-masing. Setiap peserta selain diberikan template yang sudah disediakan khusus, juga diberikan arahan dalam pembuatan atau pemilihan template secara mandiri sehingga peserta dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta yang merupakan Kelompok MGMP Matematika tingkat SMA sangat tertarik terhadap pembuatan presentasi memanfaatkan platform Overleaf. Serta media presentasi yang dihasilkan menunjukkan konsistensi dalam penulisan matematika dan efisiensi dalam pengerjaan proyek dibantu dengan salah satu fitur kolaborasi dari Overleaf yang memungkinkan beberapa pengguna dapat mengerjakan proyek yang sama dalam satu waktu.

Kegiatan ini penting dalam meningkatkan kompetensi guru dalam pembuatan media ajar matematika tidak hanya mendapat apresiasi lokal, tetapi juga di akui secara nasional. Hasil dari pengabdian masyarakat ini telah disosialisasikan melalui presentasi oral pada Seminar Nasional Diseminasi Pengabdian kepada Masyarakat 2023 oleh pusat studi SMONAGENES UB pada tanggal 5 Agustus.

Selain memberikan manfaat langsung bagi para guru Matematika, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Departemen Matematika UB secara lebih luas kepada masyarakat, terutama guru dan siswa SMA di Kabupaten Banyuwangi. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan minat terhadap ilmu Matematika dan menjadikan Departemen Matematika UB sebagai destinasi pendidikan tinggi yang diminati oleh para siswa yang memiliki minat dalam bidang ini.

Para dosen Matematika UB dan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini merasa sangat senang atas hasil yang telah dicapai. Dengan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan para guru dalam menerapkan pembuatan bahan ajar matematika, diharapkan bahwa ilmu matematika akan tersampaikan dengan baik kepada yang ingin mempelajarinya. [pon/fmipa/humas]