FKUB dan Dinas Damkar Kota Malang Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran

Simulasi Pemadam Kebakaran Kebakaran memang akan padam dengan sendirinya, akan tetapi diperlukan suatu keterampilan khusus dalam mengamankan aset negara yang didalamnya banyak sekali terdapat barang-barang berharga dan dokumen penting.

Faktor utama penyebab terjadinya kebakaran disebabkan karena manusia, bencana alam, dan tiga faktor lain yakni adanya bahan bakar, udara dan panas. Hal tersebut disampaikan  oleh Sumadi selaku Komandan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Malang pada  Senin (1/8/2016) di Ruang 107 Graha Medika FKUB.

Berdasar latar belakang tersebut Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) bekerjasama dengan UPT Dinas Pemadam Kebakaran Kota Malang menggelar simulasi penanganan bencana dan kebakaran yang melibatkan staf internal baik dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan, penanggung jawab ruang,  keamanan, driver dan laboran yang terpusat di Halaman parkir Gedung Pusat Pendidikan FKUB.

Pada kesempatan tersebut Sumadi menerjunkan tim sebanyak lima personil yang memberikan contoh dan memperagakan serta mengajari seluruh staf yang ikut terlibat dalam menangani kebakaran. Media yang dipakai dalam simulasi kali ini adalah karung goni yang telah dibasahi untuk selanjutnya Sumadi dan Tim mengajarkan cara memadamkan api dari mulai proses pembasahan goni sampai dengan cara memegang dan melindungi tangan dan muka sehingga api tersebut padam dengan aman.

Selain menggunakan media karung goni, Dinas Pemadam Kebakaran juga mempersiapkan tabung alat pemadam api ringan (APAR). [Anank- Humas FKUB/Humas UB)