FK Beri Materi dan Praktek Dukungan Spiritual Lansia yang Sakit di Rumah

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Usia lanjut usia (lansia) merupakan usia dimana banyak sekali ditemukan penyakit ataupun kasus penyerta seperti Hipertensi, Gula darah, asam urat, kolesterol dan lain-lain.

Melihat akan hal tersebut Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya melalui tim pengabdian masyarakat (BPPM ) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan dukungan spiritual bagi para lansia yang sakit di rumah yang dihadiri oleh para jamaah sholat subuh di Masjid Nurul Hidayah Kepanjen, pada Minggu (17/9/23).

Dalam Pengmas yang dilaksanakan oleh dosen FKUB yakni Dr.dr Sri Soenarti, SpPD K Ger FINASIM ini di ikuti oleh sebanyak 60 peserta.

Dosen yang aktif dalam pengmas fkub ini menambahkan, dalam pengmas ini kami menyajikan materi-materi terkait dengan kesehatan dan dukungan spiritual bagi lansia yang sakit di rumah,disertai dengan prakteknya. Kegiatan ini dilanjutkan dengan melaksanakan pemeriksaan tekanan darah, gula darah serta pengobatan gratis.
Kegiatan praktek membersihkan gigi dan tata cara bertayamum juga dipelajari bersama jamaah dalam rangka tetap mendukung lansia dapat ibadah dengan baik meski kondisi sakit.

Lebih lanjut beliau berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para jamaah di masjid nurul hidayah Kepanjen,khususnya para lansia yang sedang sakit karena dengan dukungan spiritual seperti ini diharapkan mampu sedikit meringankan beban pikiran dan mental yang mungkin dapat mengakibatkan penurunan kondisi makin parah. Dukungan buat orang sakit diharapkan dapat dilakukan oleh para jamaah yang memiliki lansia sakit di rumah agar rutinitas -mereka masih dapat dilakukan dengan nyaman. (An4nk-Humas FKUB)