FKG Lakukan Pemeriksaan Gigi di Ponpes An Nurriyah

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya (FKG UB) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Pondok Pesantren An-Nurriyah Sukun Kota Malang, Sabtu (25/5/2024). Kegiatan yang diwakili oleh Ariyati Retno Pratiwi, drg., Fidya, drg., M.SI., PhD., dan Regina Putri Virgirinia, S.Si., MSc., DSc. ini mendapat respon positif dari pihak pondok pesantren.

Ketua Pengabdian Masyarakat Hibah PNBP Ariyati Retno Pratiwi, drg.,menjelaskan kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Pondok pesantren An-Nurriyah dengan jumlah lebih dari 100 santri.

“Kegiatan pengabdian kali ini diharapkan memberikan manfaat yang baik dan dapat mengangkat taraf kesehatan, terutama kesehatan gigi dan mulut para santri. Atau setidaknya membuka wawasan dan kesadaran mereka atas pentingnya kesehatan gigi dan mulut,” katanya.

Dia menambahkan, aksi ini tidak hanya melakukan pemeriksaan gigi, melainkan pemberian TAF (Topikal Aplikasi Fluor) pada santri sebagai bentuk upaya dalam pencegahan karies.

Pengabdian masyarakat ini merupakan agenda rutin dari Fakulats Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya yang termasuk program Hibah PNBP 2024 dalam upaya menciptakan Indonesia Bebas Karies 2030. Selain itu, aksi ini juga mendukung program Sustainable Development Goals (SDGs) terutama pilar 3 yakni , Good Health and Well-Being. (*/OKY/Humas UB)