FILKOM UB Lakukan Pemasangan CCTV Untuk Meningkatkan Keamanan di Merjosari, Kota Malang

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) melakukan pengabdian masyarakat dengan melalui pemasangan sistem keamanan berbasis Closed-Circuit Television (CCTV) di perumahan RW 08, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, pada (13/9/2023).

Ketua tim Pengabdian kepada Masyarakat, Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom., berharap CCTV ini dapat meningkatkan keamanan dan mencegah tindakan criminal. Hal ini disebabkan kondisi geografis perumahan, seperti banyaknya pintu masuk dan kedekatannya dengan pusat keramaian, membuat pemanfaatan jasa pengamanan konvensional kurang efektif. Heru menambahkan kamera-kamera ini dipasang di lokasi strategis, termasuk pintu masuk dan pertigaan utama. Sistem ini dirancang untuk terhubung dengan internet dan memudahkan pemantauan dari jarak jauh.

Bersama dengan anggota tim pengabdian kepada Masyarakat FILKOM UB Dosen Hariz Farisi, S.Kom.,  Welly Purnomo, S.T., M.Kom.,M.T., dibantu mahasiswa Resnu Wahyu Adaby serta Iqbal Aulia melakukan instalasi dengan spesifikasi sistem keamanan yang meliputi empat kamera CCTV dan satu unit Digital Video Recorder (DVR). Rekaman video disimpan di Balai RW dan dapat diakses hingga dua minggu setelah kejadian.

Pada 13 September 2023, sistem resmi diserahkan kepada perwakilan warga, termasuk Ketua RW 08 dan satuan pengamanan. Pelatihan juga diberikan kepada Ketua RW dan satpam tentang pengoperasian dan akses rekaman CCTV. Ketua RW 08, Kelurahan Merjosari, Rusdi mengucapkan terima kasih kepada tim FILKOM atas bantuan ini dan berjanji akan memaksimalkan penggunaan fasilitas keamanan tersebut demi kenyamanan warga. (rr/hw/OKY/Humas UB)