FILKOM UB Laksanakan Penyuluhan Penggunaan NFT Marketplace

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Malang, 4 Desember 2023 – Bertempat di aula Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 (SMKN 4), kota Malang tim pengabdian masyarakat FILKOM UB melaksanakan penyuluhan Non Fungible Token (NFT). Kegiatan knowledge sharing yang dilakukan pada Oktober 2023 berdasarkan pada analisis kebutuhan pelatihan yang dibutuhkan oleh SMKN 4, kota Malang.

Selaku ketua pelaksana, Andi Reza Perdanakusuma, S.Kom., M.MT., menyampaikan bahwa  COVID-19 telah merubah sistem tatanan transaksi jual beli. Model transaksi jual beli dari luring menjadi daring, kemunculan mata uang berbasis kripto sebagai alat pembayaran, yang salah satunya mencuat popularitasnya adalah Non Fungible Token (NFT). Pemilihan NFT sebagai tema penyuluhan, adalah salah satu bentuk investasi yang dapat dilakukan tanpa modal keuangan besar, sehingga pemilihan siswa SMK sebagai target pengabdian dianggap sesuai dan potensial.

Bersama dengan tim dosen : (1) Mochamad Chandra Saputra, S.Kom., M.T., M.Eng., Ph.D., (2) Dwija Wisnu Brata, S.ST., M.T., dan (3) Niken Hendrakusma Wardani, S.Kom., M.Kom., dan dibantu mahasiswa aktif FILKOM : (1) Alfonsus Adrian Audie Setiawan (2021), dan (2) Dian Ayu Rahmawati (2020) kegiatan berlangsung dengan lancar.

Andi berharap, apa yang telah dilakukan bersama tim pengabdian Masyarakat FILKOM di SMKN 4 dapat memberikan edukasi publik kepada peserta bahwa perkembangan industri dan inovasi saat ini sangat mobile, dynamic and agile.

Pemberian penyuluhan ini juga sebagai pelengkap keilmuan yang belum ada pada kurikulum di tingkat SMK sehingga terjadi sinkronisasi antara pengetahuan yang diberikan di lembaga pendidikan tingkat SMK dengan pengetahuan yang dibutuhkan di dunia industri kreatif saat ini. Peserta diharapkan memiliki keterampilan teknologi informasi dan komunikasi selepas lulus sehingga dapat membantu mereka mendapatkan pekerjaan yang layak atau/bahkan mereka dapat menciptakan lapangan pekerjaan di Indonesia. (rr/ds)