FILKOM Buat Aplikasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita di SMKN 2, Malang

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Tim peneliti dosen FILKOM UB yang diketuai oleh, Ir. Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd., beranggotakan Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds., dan Buce Trias Hanggara, S.Kom., M.Kom., dibantu mahasiswa sebagai asisten peneliti dan tim pengembang melaksanakan penelitian dengan judul Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Tematik Berbasis Mobile untuk Melatih Life Skill Siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) Tunagrahita di SMKN 2, Malang, (2/11/2023).

Penelitian ini menghasilkan aplikasi pembelajaran SoulMath yang ditujukan dan dikembangkan khusus untuk membantu siswa ABK Tunagrahita dalam belajar kemampuan fundamental seperti materi Matematika Dasar.

Retno mengatakan, aplikasi pembelajaran SoulMath bertujuan membantu siswa ABK dalam kemampuan berhitung dengan konteks sehari-hari. Misalnya, siswa ABK di bidang perhotelan perlu menguasai matematika dasar untuk menghitung biaya laundry tamu.

Retno menambahkan, yang menjadi latar belakang penelitian media pembelajaran berbasis mobile ini adalah untuk melatih life skill dan kepercayaan diri siswa ABK tunagrahita.

“Setiap siswa SMK juga menempuh Praktek Kerja Industri dengan aktivitas kerja yang bersifat rutinitas dan sederhana, sehingga memerlukan latihan yang berulang agar siswa ABK dapat mengingat dan menguasai kemampuan tersebut. Media ini diakses secara interaktif di smartphone dan dilengkapi dengan studi kasus yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa ABK. Dengan menggunakan aplikasi ini, siswa ABK dapat berlatih secara mandiri dan mendapatkan gambaran implementasi ilmu matematika dasar di kehidupan setelah lulus SMK,” katanya.

Tahap pengembangan aplikasi ini diawali pada bulan Januari hingga September 2023. Analisis kebutuhan dimulai dengan observasi kepada siswa ABK  dan wawancara dengan guru SMKN 2 Malang, yaitu Ibu Eli Ermawati, S.Pd. Implementasi aplikasi SoulMath dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2023 pukul 08.00-13.00 WIB dengan melibatkan 16 siswa ABK.

Aplikasi ini mendapatkan feedback positif dari sekolah maupun siswa, sehingga aplikasi SoulMath tetap digunakan di SMKN 2 Malang selama 1 tahun ke depan untuk mendukung pembelajaran siswa ABK. Aplikasi SoulMath dapat diunduh akun resmi Lab Teknologi Pembelajaran UB (UB Learning Technology) pada link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ramiyon.soulmath_v2. Aplikasi ini telah terdaftar hak ciptanya pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dengan nomor permohonan EC00202325703 dan nomor pencatatan 000458625. (rr/rir/OKY/Humas UB)