FILKOM Gelar Diseminasi Teknologi Jaringan Komputer

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Laboratorium Jaringan Berbasis Informasi atau Information Centric Network Laboratory Universitas Brawijaya beberapa waktu lalu menggelar sebuah acara diseminasi yang menggugah semangat dan antusiasme para mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer. Acara yang dimulai pada pukul 08.00 ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam menggunakan teknologi jaringan komputer lanjut, dengan fokus pada peningkatan produktivitas dan daya saing di era digital yang begitu kompetitif.

Ketua Diseminasi, Eko Sakti Pramukantoro, S. Kom., M. Kom., Ph.D., menyampaikan pentingnya pemahaman dan penguasaan teknologi jaringan komputer tidak bisa diabaikan dalam zaman yang semakin terhubung ini. Di era digital, jaringan komputer adalah tulang punggung dari hampir semua aspek kehidupan, termasuk bisnis, pendidikan, dan pelayanan publik.

Bersama dengan anggota Achmad Basuki, S.T., M.MG., Ph.D., Widhi Yahya, S.Kom., M.Sc., Ph.D., dan Mahendra Data, S.Kom., M.Kom., Ph.D., kegiatan diseminasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer memiliki dasar yang kuat dalam teknologi jaringan komputer lanjut. Salah satu puncak acara diseminasi ini adalah pemaparan mengenai “Mini Internet,” sebuah proyek yang menarik dan ambisius yang sedang dikembangkan di Laboratorium Jaringan Berbasis Informasi.

Mahasiswa hadir untuk mendapatkan wawasan mendalam mengenai proyek ini dan bagaimana nantinya mereka dapat berkontribusi dalam membangun Mini Internet ini. Selama acara diseminasi, para mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing dengan tugasnya sendiri. Mereka diberikan kesempatan praktik langsung untuk mencoba menerapkan konsep yang telah mereka pelajari dalam proyek Mini Internet. Hal ini memberikan mereka pengalaman berharga yang akan berguna di dunia nyata ketika mereka melangkah ke lapangan kerja.

Sebelum memulai acara, para mahasiswa menjalani pre-test yang dirancang untuk mengukur pemahaman mereka tentang jaringan komputer. Ini memberikan pandangan awal yang jelas tentang tingkat pemahaman mereka sebelum diseminasi dimulai. Setelah diseminasi selesai, mereka juga mengikuti post-test yang bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman mereka telah berkembang setelah mengikuti acara ini. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa tujuan diseminasi tercapai dan mahasiswa mendapatkan manfaat sebesar mungkin dari pengalaman ini.

Acara diseminasi yang dilaksanakan ini adalah sebuah langkah yang penting dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dalam bidang teknologi jaringan komputer lanjut. Dengan fokus pada proyek Mini Internet, mahasiswa diberikan wawasan yang berharga dan pengalaman praktis yang akan membantu mereka dalam menghadapi tantangan di dunia nyata. Dengan pre-test dan post-test, efektivitas diseminasi ini dapat diukur dengan jelas, memastikan bahwa investasi dalam pemahaman teknologi jaringan komputer ini memberikan hasil yang signifikan.  (rr/es/oky/Humas UB)