FILKOM UB Buat CCTV Untuk Warga Merjosari Malang

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Daerah Perumahan RW 09, Merjosari Kecamatan Lowokwaru kota Malang yang menjadi mitra pengabdian kepada masyarakat mempunyai karakteristik yang warganya sangat plural dimana kebanyakan bekerja pada siang hari. Hal tersebut menimbulkan masalah keamanan terutama pada siang hari ketika rumah yang kosong ditinggalkan pemiliknya ketika bekerja. Permasalahan keamanan yang pernah terjadi adalah pencurian kendaraan bermotor di siang hari pada rumah yang kondisi sedang ditinggal pemiliknya bekerja.

Luasnya wilayah yang diawasi dan beberapa jalan akses masuk serta kedekatan dengan pusat keramaian seperti perumahan yang berdekatan menyebabkan sangat tidak efisien jika menggunakan jasa pengamanan pada siang hari. Maka dari itu tim pengabdian kepada masyarakat dari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) memberikan solusi untuk mengatasi masalah keamanan tersebut dengan memanfaatkan teknologi Closed-Circuit Television (CCTV) yang menggunakan IP Camera Outdoor dan menggunakan akses intranet. Spesifikasi yang digunakan untuk sistem keamanan dengan Closed-Circuit Television untuk lingkungan warga RW 09 Merjosari adalah terdapat empat titik pemasangan kamera CCTV dengan satu control server.

IP Camera dipasang pada tempat-tempat yang strategis di akses keluar-masuk dan pertigaan utama. Permasalahan yang muncul saat implementasi adalah untuk koneksi kamera CCTV dengan pusat kontrol yang berjauhan, sehingga dipilihlah koneksi dengan menggunakan Outdoor WIFI dan untuk penyimpanan pada media penyimpanan local server. Metode yang dipakai untuk pengembangan adalah prototyping dengan standar IEEE 802.11. Pemasangan CCTV dilakukan pada 13-14 Juli 2021 dengan melibatkan Tim Dosen Pengmas, teknisi dari FILKOM dan beberapa warga. Melalui CCTV ini, video kondisi lalu-lintas keamanan lingkungan dapat dimonitor dan disimpan yang ditempatkan pada Posko Satpam. Apabila ada suatu kejadian terkait dengan keamanan maka rekaman dapat dibuka melalui control server CCTV maksimal dalam dalam jangka dua minggu dari waktu kejadian.

Setelah sistem dipasang, perwakilan pihak warga termasuk Ketua RW 09 Merjosari dan satuan pengamanan perumahan diundang untuk menghadiri uji coba dan sosialisasi pemanfaatan CCTV untuk sistem keamanan pada 15 Agustus 2021. Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom selaku ketua tim Pengabdian kepada Masyarakat menyampaikan harapannya bahwa dengan adanya CCTV ini dapat meningkatkan keamanan di lingkungan RW 09 Merjosari dan membantu warga dalam mencegah terjadinya tindakan kriminal. Dalam kesempatan ini, para satpam juga diberikan pelatihan tentang cara memantau keamanan dari system monitor CCTV serta untuk membuka akses dan mencari rekaman video bila ada atau ditengarai kejadian terkait keamanan linkungan pada suatu waktu tertentu. Ketua RW 09 Merjosari menyampaikan terima kasih kepada tim dari FILKOM atas bantuan instalasi CCTV ini dan berkomitmen dengan warga untuk memanfaatkan fasilitas tersebut dengan sebaik-baiknya.(int/drn/Humas UB)