FILKOM Lakukan Pengmas Pembelajaran Internet of Things di SMK Telkom Malang

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Laboratorium Robotika dan Embedded System FILKOM UB menyelenggarakan kegiatan pengabdian terkait pelatihan di Laboratorium 3 SMK Telkom Malang dengan judul “Modul Perangkat Mikrokontroller ESP dan Protokol ESP-Now Untuk Pembelajaran Internet Of Things (IoT) Level Sekolah Menengah Kejuruan”, dengan ketua pelaksana, Sabriansyah Rizqika Akbar, S.T., M.Eng., Ph.D, (2/10/2023) .

Sabriansyah, menyampaikan pelatihan untuk guru dan siswa juga dilengkapi dengan modul pembelajaran. Modul ini terdiri dari perangkat mikrokontroler ESP, sensor, dan relay. Bersama dengan anggota tim Eko Setiawan, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D, Agung Setia Budi, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D., Dr. Eng., Gembong Edhi Setyawan, S.T., M.T., kegiatan di awali jam 08:00 dengan pre-test dilanjutkan dengan pemberian materi dan ditutup dengan post-test. Hasil evaluasi pre-test dan post-test dilakukan untuk memantau peningkatan pemahaman peserta dalam berbagai aspek Teknologi Internet of Things (IoT) dan penggunaan perangkat ESP32 dalam konteks IoT. Evaluasi dilakukan melalui perbandingan antara skor pre-test dan post-test pada lima pertanyaan terkait IoT. Hasil evaluasi ini mencerminkan peningkatan pemahaman yang signifikan pada topik tersebut.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa secara umum, penyelenggaraan acara dan pelayanan panitia telah mencapai standar yang memuaskan, dengan tingkat kualitas yang baik dalam banyak aspek. Kualitas penyelenggaraan acara dan pelayanan panitia, seperti Moderator/MC, pendaftaran peserta, dan fasilitas, berkontribusi signifikan dalam menjadikan acara ini sukses dan memberikan pengalaman positif kepada peserta. Evaluasi ini memberikan wawasan berharga dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas program pelatihan di masa yang akan datang. (rr)