Fapet UB Gelar Webinar Teknik Pemerahan Susu Sapi

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) mengadakan Webinar Teknik Pemerahan Susu Sapi, Sabtu (26/9/2020). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memerah sapi yang baik dan benar kepada masyarakat peternak.

Pemateri Webinar Dr. Ir. Puguh Surjowardojo, M.S., menjelaskan tentang Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam pemerahan.

“Pada saat akan memerah susu dari sapi ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu menyiapkan peralatan dan perlengkapan, menenangkan sapi, membersihkan kandang dan bagian tubuh sapi, mengikat sapi, mencuci tangan, melicinkan puting, dan merangsang keluarnya air susu,” kata Puguh.

Selain itu, kondisi sapi juga harus dalam keadaan baik dan merasa nyaman saat diperah susunya.

Pemateri lain Ketua GKSI Pusat dan pengurus Koperasi Peternakan Sapi Perah Setia Kawan Nongkojajar Pasuruan Ir.H Sulistyato, M.M. menjelaskan tentang teknik pemerahan sapi dengan tangan.

Dia mengatakan ada beberapa teknik pemerahan dengan tangan, yaitu metode full hand, stripping, dan knevelen.

Full hand atau tangan penuh dilakukan pada puting yang agak panjang, sehingga dapat dipegang dengan tangan penuh.

Caranya tangan memegang puting dengan ibu jari sedangkan telunjuk mengenggam pangkal.

Sedangkan metode pada stripping, ibu jari dan telunjuk menggepit puting lalu digeser dari pangkal ke bawah sambil memijat.

Sementara itu, metode knevelen dilakukan hanya kepada sapi yang memiliki puting pendek, tekniknya sama dengan full hand namun ibu jari dibengkokan.

Turut berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat tersebut antaralain UPT/Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten/Kota, Industri Pengolahan Susu dan Peternakan Sapi perah Nasional, Universitas/Politeknik/Sekolah Tinggi dan pihak swasta lain dibidang Peternakan. [RFI/Humas UB]

 See also