ENSPARTAN, Juara Harapan KRSBI Beroda

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Tim Robotic Universitas Brawijaya (UB) berhasil meraih juara Harapan dalam Kontes Robot Indonesia atau KRI Nasional pada (29/7-3/7/2022).

Dalam kompetisi tersebut Tim UB dengan nama Enspartan berhasil meraih Juara Harapan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia-Beroda (KRSBI-Beroda). Nama Robot tim Enspartan adalah Holmes, Triton, dan Atlas. Pada saat pertandingan, tim Enspartan berhasil lolos di babak semifinal setelah mengalahkan tim DAGOZILLA (ITB) dengan skor 1-0. Kemudian di babak semifinal, Enspartan melawan IRIS dengan skor 3-0 dan USEROR dengan skor 0-1, hingga memberikan hasil sebagai Juara Harapan di tingkat nasional.

Dalam Pelaksanaan KRI Nasional 2022, Tim UB mengalami beberapa kendala.  Salah satunya  adalah pelaksanaan KRI tahun ini  dilakukan secara luring  setelah 2 tahun sebelumnya dilakukan secara daring. Hal tersebut menyebabkan mereka belum terbiasa dengan atmosfer pertandingan secara luring.

“Menurut kami semua tim sama, yakni menjadi musuh yang perlu kami waspadai, karena KRI sudah tidak dilaksanakan secara luring selama 2 tahun, sehingga kami tidak tahu perkembangan mereka sejauh mana,”kata Arfian Anggota Enspartan.

Tim Enspartan UB sudah mempersiapkan robot sejak bulan Oktober 2021. Dari persiapan tersebut, mereka berhasil mengupgrade robot menjadi 4 pergerakan, yang sebelumnya hanya 3 pergerakan.

“Enspartan telah mempersiapkan diri sejak akhir lomba KRI tahun lalu, di Oktober 2021. Sebelum di tahap nasional, ada seleksi wilayah secara daring yang sistemnya mencetak gol sebanyak-banyaknya,” kata Arfian.

“Setelah KRI 2021, kami langsung memulai mempersiapkan robot dengan mempertimbangkan kekurangan robot saat melaksanakan KRI 2021” kata Arfian

Sebelum ke tahap KRI Nasional, Tim Enspartan UB telah lolos seleksi pada tahap pertama dalam Ajang KRI Wilayah secara daring. Dalam seleksi tersebut Enspartan UB berhasil mencetak 14 goal dalam 3 sesi, sehingga mengantarkan mereka untuk lanjut ke KRI Nasional.

KRI  merupakan kegiatan kompetisi tahunan mahasiswa dalam bidang rancang bangun dan rekayasa robotika yang diselenggarakan oleh pusat prestasi nasional, kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi republik indonesia.

Tim Enspartan terdiri atas Arfian Nurfi Pangestu, Alfi Maghfirah, Dhika Abiyoso Rahardianto, Dzulfikar Ontoseno, Raihan Zhifhanur Muhammad dan Vinsensius Anggara Paramayuda ini telah mempersiapkan diri sejak tahun lalu.

Pada seleksi ini, Enspartan bersaing dengan 52 tim dari berbagai perguruan tinggi. “Dalam 3 sesi, tim kami mencetak 14 gol sehingga lolos ke tahap nasional,”kata Arfian. (AUR/VQ/Humas UB).