Dosen FTP Kuatkan Manajemen UKM Sangga Mitra Batu

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Usaha Kecil Menengah (UKM ) Sangga Mitra merupakan kelompok usaha yang terdiri dari Kelompok Tani Dewi Sri, PKK dan PKH Desa Songgokerto, Kota Batu. Selama ini UKM Sangga Mitra telah memberdayakan usaha mikro dan kecil yang berjumlah 64 baik untuk produk pangan maupun non-pangan. Namun sampai saat ini yang aktif sebanyak 21 orang dengan berbagai produk makanan dan minuman seperti keripik, yoghurt, bumbu instan dan makanan ringan lainnya serta non pangan (kerajinan). Untuk meningkatkan kinerja Kelompok Tani, PKK dan PKH maka pada tahun 2016 bergabung dengan UKM Sangga Mitra. Dalam pengembangannya, UKM Sangga Mitra belum pernah mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari dinas terkait pemerintah daerah Kota Batu.

Dalam rangka peningkatan pemberdayaan masyarakat produktif di UKM Sangga Mitra, Desa Songgokerto, Kota Batu, bekerjasama dengan Tim dari Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya telah melakukan bimtek dan pendampingan tentang manajemen administrasi kelembagaan pada usaha mikro kecil. Ketua Tim Siti Asmaul Mustaniroh bersama dengan mahasiswa dari PS S1 TIP (Bernadeta Amalia dan Herlina) melakukan pendampingan tentang prosedur administrasi usaha dalam bentuk PIRT dan Merk Dagang ke BPOM Jawa Timur. Selain itu, melakukan diseminasi alih teknologi kepada UKM produksi kerupuk miller berupa Dandang Pengukus skala Teknologi Tepat Guna untuk membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam proses pemasakah kerupuk miller.

“Melalui kegiatan ini, harapannya ada target luaran yang dihasilkan seperti diantaranya 1)  Memperkuat eksistensi terkait dengan manajemen kelembagaan UKM Sangga Mitra tentang perijinan MD dan registrasi akte Notaris serta laporan keuangan yang profesional dan tertata secara sistematis dan (2) Meningkatkan efisiensi dan kapasitas produksi kerupuk Miller dengan perbaikan teknologi dalam proses pengukusan,” demikian Siti Asmaul menjelaskan.  Lebih lanjut Siti Asmaul juga mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini juga membawa dampak sosial ekonomi  meningkatknya wawasan dan pengatahuan bagi  UKM Sangga Mitra  tentang prosedur teknis dan implementasi legalitas kelembagaan menuju UKM yang lebih berdaya saing. [DSE/Humas UB]

 

 See also