Dosen FILKOM UB Berikan Pelatihan Python Dengan Google Colab Pada Siswa SMK

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Tim Dosen Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya melaksanakan kegiatan Pelatihan Python Dengan Google Colab Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia. Pelatihan ini terbagi menjadi 2 hari, yang  secara daring melalui Zoom pada hari Minggu (29/8/2021).

Tim Pengabdian Masyarakat ini terdiri dari empat dosen yang diketuai oleh Dr. Eng Fitri Utaminingrum, ST., MT. dan beranggotakan Dahnial Syauqy, S.T., M.T., M.Sc.; Fais Al Huda, S.Kom., M.Kom; Riswan Septriayadi Sianturi, S.Si., M.M., M.Sc., Ph.D. dan melibatkan sejumlah Tim Panitia mahasiswa RIOT 2021 yang diketuai oleh Elisabeth Agustina, mahasiswa Program Studi Teknik Komputer.

Materi pertama disampaikan oleh Riswan Septriayadi Sianturi, S.Si., M.M., M.Sc., Ph.D. yang menjelaskan Pengenalan Pyton dengan Google Colaboratory.

Google Colaboratory (Colab) adalah fasilitas bahasa pemrograman python dari Google. Fasilitas ini memungkinkan para pengguna Google Colab untuk berkolaborasi dalam membuat program dengan python. Tampilannya sendiri seperti Jupyter Notebook,” kata Riswan dalam paparannya.

Google Colab dapat menjadi wadah bagi para pemula dalam belajar bahasa pemrograman python yang ada di browser, serta memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengumpulan, analisis (statistika, machine learning), dan visualisasi data.

Sedangkan untuk python sendiri adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Guido Van Rossum dan banyak digunakan dalam Data Science, Graphical User Interface desktop, pengembangan website, Internet of Things, pembuatan game dan lainnya.

Python dikenal sebagai bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan dapat dijalankan di berbagai platform seperti Google, Mac, maupun Linux. Menurut Riswan, python dapat menggunakan pola pemrograman prosedural dan berorientasi obyek, oleh karena itu python baik untuk dipelajari pemula yang belum pernah mencoba pemrograman.

Masuk dalam materi kedua mengenai visualisasi data menggunakan Google Colabi.

Fais Al Huda, S.Kom., M.Kom mengatakan visualisasi data adalah representasi dari data yang disajikan dalam bentuk visual berupa grafis yang diperuntukkan konsumen atau masyarakat umum.

“Informasi dan data yang jumlahnya sangat besar, akan diubah menjadi suatu tampilan grafis. Karena gambar mewakili dari ribuan kata yang mungkin jarang konsumen baca atau lihat. Visualisasinya dapat berupa grafik, chart ataupun map,”kata Fais.

Selanjutnya Fais juga menjelaskan secara lengkap mengenai Big Data yang menjadi kebutuhan di era saat ini. Di akhir acara kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta dan dijawab langsung oleh tim dosen yang menjadi pemateri dalam kegiatan pengabdian tersebut.(drn/Humas UB)