Dosen FILKOM Perkenalkan Game Edukasi Untuk Pembelajaran Laju Reaksi Siswa SMA

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

demo aplikasi pada pelatihan daring
Demo Aplikasi pada Pelatihan Daring

Tim dosen mengabdi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) memberikan pelatihan secara daring kepada siswa SMA, tentang pemanfaatan game Rate of Reaction (RoR) untuk mempelajari materi laju rekasi (12/9/2020). Tim tersebut terdiri atas empat dosen yang dibantu oleh empat mahasiswa Program studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) FILKOM. Mereka adalah Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd., Dr.Eng. Ahmad Afif Supianto, S.Si, M.Kom., Satrio Agung Wicaksono, S.Kom., M.Kom., Tri Afirianto, S.T, M.T., Yafie Arbian Cipto (2017), Galih Wisnu Murti (2017), Kharis Alfian (2016) dan Ilham Ramadhan (2019).

“Kami cukup terharu karena antusias peserta yang tinggi. Awalnya pelatihan ini sebenarnya hanya ditargetkan untuk 100 siswa dan guru dari SMA di Malang. Tapi ternyata setelah dipublikasikan poster kegiatannya, peminat mencapai sekitar 250 orang. Tidak hanya dari Malang saja, bahkan ada dari luar Jawa juga seperti Medan, Aceh, Samarinda dan Gorontalo,” ujar Retno.

Dijelaskan oleh Retno bahwa latar belakang dilakukannya pelatihan ini karena adanya hasil observasi di tiga SMA di Malang yang menunjukkan adanya potensi dalam pengembangan dan peningkatan literasi TI (Teknologi Informasi) di bidang pendidikan. Hal ini dikarenakan para siswanya telah terbiasa menggunakan telepon pintar, laptop, dan internet. Potensi itu sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk mengajarkan tentang laju reaksi pada mata pelajaran kimia yang selama ini sulit dijelaskan secara verbal tanpa diikuti praktik. Oleh karenanya, tim dosen mengabdi FILKOM memperkenalkan RoR sebagai solusi atas permasalahan tersebut.

Untuk diketahui RoR adalah game edukasi yang dirancang menyerupai laboratorium virtual, sehingga pengguna bisa mendapat manfaat belajar dengan cara yang menyenangkan. Pada game ini pengguna akan menemukan alat peraga layaknya di laboratorium kimia, seperti tabung elemen, larutan dan bahan kimia padat tertentu. Pengguna dapat menambahkan faktor yang mempengaruhi laju reaksi bahan-bahan yang telah disediakan, antara lain dengan mengubah suhunya, mengubah luas permukaan bahan, atau mengubah konsentrasi larutan yang ada.

Kelebihan lain dari game ini adalah penggunaan algoritma Dynamic Difficulty Adjusment (DDA) didalamnya. Algoritma ini membuat game mampu menyajikan level yang berbeda-beda antar pengguna sesuai dengan kemampuannya. Pada level awal pengguna akan diberikan misi yang sama, gunanya untuk mengukur kemampuan pengguna. Namun pada level lanjutan maka misi atau tugas yang diberikan bisa berbeda antara pengguna satu dengan pengguna lainnya. Bagi pengguna yang memiliki kemampuan tinggi akan diberikan level misi dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Sementara untuk pengguna yang memiliki kemampuan kurang akan diturunkan tingkat kesulitannya dan diberi opsi bantuan, harapannya pengguna bisa memperbaiki kesalahannya. Kemudian jika sudah mampu menjawab dengan benar baru akan disesuaikan kembali tingkat kesulitannya.

Harapannya  dengan pelatihan ini dapat meningkatkan kinerja guru dalam pengajaran dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Untuk dapat dimanfaatkan oleh lebih banyak siswa dan guru di Indonesia, Game RoR kini sudah dapat diunduh secara gratis oleh para pengguna perangkat android di google play http://bit.ly/RoRFILKOMUB. [dna/Humas UB]