DOKAR: Kunjungan Lima Dosen Matematika UB Ke Osaka University

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Lima dosen Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam – Universitas Brawijaya (FMIPA – UB) bertugas ke Osaka University, Japan untuk melakukan inisiasi kerja sama sebagai perwujudan program Dosen Berkarya (Dokar) UB. Mereka adalah Ratno Bagus Edy Wibowo, S.Si., M.Si., Ph.D. sebagai Ketua sekaligus Dekan FMIPA yang beranggotakan Corina Karim, S.Si., M.Si., Ph.D.; Mila Kurniawaty, S.Si., M.Si., Ph.D.; Kwardiniya Andawaningtyas, S.Si., M.Si., dan Dr. Vira Hari Krisnawati, S.Si., M.Sc. Kunjungan tersebut disambut secara langsung oleh Dekan Graduate School of Science (GSS), Osaka University yaitu Prof. Dr. Hiroshi Fukase yang didampingi oleh Wakil Dekan, Prof. Dr. Takashi Kubo dan Yuri Komon sebagai staff International Exchange Center. Departemen Matematika juga menjadi salah satu departemen di GSS Osaka University. Perlu diketahui juga bahwa Osaka University ini termasuk dalam ranking QS-100 dunia.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Dokar  (Dekan FMIPA UB) mempromosikan FMIPA UB dan usulan kerjasama tentang pertukaran mahasiswa, joint research, dan joint supervision. Selanjutnya, Dekan GSS Osaka University juga menawarkan beberapa program menarik tentang pertukaran mahasiswa internasional baik degree maupun non degree program.

Program non degree meliputi program khusus bahasa dan kebudayaan Jepang (Maple), shortcourse, dan program penelitian (ISP: International Summer Program) yang dilaksanakan selama 1 semester. Rata-rata per tahun, GSS menerima 20 mahasiswa asing baik dari program sarjana maupun pasca sarjana. Untuk program degree terdiri dari program regular master dan doctor full degree dan program double degree. Untuk program double degree, rata-rata per tahun GSS menerima lebih dari 5 mahasiswa asing. Mereka juga memberika informasi mengenai beasiswa yang terdiri dari beasiswa pemerintah Jepang (MEXT Scholarship) dan beasiswa internal yaitu research assistant, teaching assistant, dan beasiswa pasca sarjana. Tentunya hal ini memberikan peluang besar bagi mahasiswa FMIPA (khususwa Departemen Matematika) untuk melanjutkan studi di GSS, Osaka University.

Acara kunjungan ini dilanjutkan dengan sesi diskusi tentang kejelasan program-program yang ditawarkan. Kemudian diakhiri dengan penandatanganan Kontrak Kerjasama antara Dekan FMIPA UB dan Dekan GSS Osaka University. Dengan demikian, adanya MoU ini luaran program Dokar telah tercapai. Semoga inisiasi kerja sama ini menjadi awal dalam meniti kerja sama berkelanjutan yang saling menguntungkan dan berdampak positif dalam hal tri dharma perguruan tinggi. [pon/Mat/FMIPA]