Dies Natalis ke 61, FPIK Gelar Jalan Sehat Hingga Kontes Aquascape

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 61, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) menggelar kegiatan jalan sehat, expo Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan kontes Aquascape pada Sabtu (28/10/2023). Bertajuk “FPIK Santun, Berprestasi dan Bereputasi”, rangkaian kegiatan ini diikuti oleh ratusan civitas akademika UB dan juga warga umum di Kota Malang.

Jajaran pimpinan dan civitas akademika FPIK dalam kegiatan pembukaan jalan sehat Dies Natalis ke 61
Jajaran pimpinan dan civitas akademika FPIK dalam kegiatan pembukaan jalan sehat Dies Natalis ke 61

Acara puncak Dies Natalis FPIK ini diawali dengan kegiatan jalan sehat pada pukul 06.30 WIB. Rute jalan sehat ini dimulai dari pelataran gedung D FPIK dilanjutkan dengan mengelilingi wilayah kampus UB dengan melewati area Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) yang mana pada saat pendiriannya di tahun 1962, Fakultas Perikanan berada di area kampus FIA saat ini. Jalan sehat ini merupakan bentuk aksi napak tilas mengingat dan mengenang pendirian Fakultas Perikanan di kala itu. Jalan sehat ini juga merupakan bentuk simbolis dari kebersamaan civitas akademika FPIK dalam mewujudkan kehidupan dan lingkungan yang sehat.

Jajaran pimpinan FPIK pada prosesi pemotongan tumpeng Dies Natalis ke 61
Jajaran pimpinan FPIK pada prosesi pemotongan tumpeng Dies Natalis ke 61

Setelah kegiatan jalan sehat usai, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur fakultas. Menginjak sesi doa bersama, seluruh peserta kegiatan mendoakan kemajuan fakultas kedepannya dan tidak lupa mendoakan rekan-rekan seperjuangan yang telah berpulang mendahului kita dan peran-peran beliau dalam memajukan fakultas hingga saat ini.

Prof. Dr. Ir. Maftuch, M.Si dalam sambutannya menyatakan bahwa dia bersyukur atas prestasi-prestasi civitas akademik FPIK dalam membangun dan menaikkan reputasi FPIK. Prof. Maftuch mengapresiasi seluruh pihak (dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni) dalam membawa nama FPIK UB menjadi fakultas yang memiliki kinerja nyata yang berkontribusi dalam pemeringkatan skala Universitas maupun skala Nasional.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Dies Natalis FPIK ke 61, Dr. Fuad, S.Pi., MT dalam sambutannya mengatakan kemeriahan rangkaian kegiatan Dies Natalis FPIK ke 61 ini tidak lepas dari kerja keras dan kerja sama yang baik dan bersinergi antara dosen, tendik dan mahasiswa yang terlibat sehingga dapat menyukseskan rangkaian kegiatan ini. Dr. Fuad yang juga menjabat sebagai Ketua Program Studi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan ini menambahkan jika kesuksesan kegiatan ini juga tidak lepas dari kerja sama yang baik antara FPIK dengan mitra dan sponsor kegiatan.

Kegiatan berlanjut pada pembagian berbagai macam doorprize seperti tabungan, voucher belanja, sepeda lipat, lemari es, smart tv hingga sepeda listrik. Sesi ini diselingi oleh beberapa penampilan home band mahasiswa FPIK.

Di sisi lain venue Dies Natalis ini, berlangsung pula expo UMKM yang mana panitia pelaksana telah menyediakan beberapa makan gratis dari stand UMKM dengan menukarkan kupon yang telah dibagikan oleh panitia pelaksana Dies Natalis FPIK ke 61 ini. Expo UMKM ini dapat menjadi sarana untuk memberdayakan masyarakat lokal, terutama bagi mereka yang terlibat dalam bisnis skala kecil dan menengah. Melalui expo ini, mereka memiliki kesempatan untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan pendapatan.

Salah satu peserta kontes aquascape sedang menghias karyanya
Salah satu peserta kontes aquascape sedang menghias karyanya

Kegiatan berlanjut pada kegiatan Aquafes 2023 yaitu “Quick Setting Aquascape” untuk memberikan kesempatan kepada para peserta dalam menunjukkan keterampilan mereka dalam mendesain dan merawat aquascape. Hal ini mendorong pengembangan kemampuan teknis dan kreativitas dalam menciptakan tata letak dan komposisi yang indah. Para peserta diberi waktu selama 5 jam untuk melakukan setting aquascape sekreatif mungkin. Terlihat para peserta sangat teliti dan detail dalam mendesain aquascape miliknya. Kontes tingkat regional ini menghadirkan juri yang merupakan ahli di bidang aquascape, diantaranya Wawan Setiawan, Priya Eka, Danang Cahyo dan Haikal Rizky. Pada kontes ini, beberapa poin yang menjadi dasar penilaian, antara lain ide design dan keharmonisan antar komponen.