Departemen Komunikasi FISIP UB Berikan Pelatihan Pembuatan Konten di Desa Krebet

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada pelatihan pembuatan konten di media sosial untuk pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Desa Krebet, Malang untuk meningkatkan kapabilitas pelaku UMKM dalam memanfaatkan media sosial dalam mempromosikan produk dan usaha mereka.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Departemen Komunikasi FISIP UB dalam memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat di sekitar kampus, khususnya para pelaku UMKM yang seringkali menghadapi kendala dalam memasarkan produk mereka secara efektif di era digital.

Pelatihan ini juga sejalan dengan visi dan misi Universitas Brawijaya untuk menjadi pusat pendidikan dan pengembangan masyarakat yang berkelanjutan. Acara pelatihan ini diikuti oleh puluhan pelaku UMKM dari Desa Krebet.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Krebet, Drs. Nur Kholis M.Si, menjelaskan pentingnya pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan visibilitas dan daya saing bisnis di era digital saat ini. Ia juga menyampaikan bahwa melalui pelatihan ini, diharapkan pelaku UMKM dapat lebih efektif dalam mengembangkan strategi pemasaran online mereka.

“Kami sangat senang dengan adanya program pengabdian masyarakat dari rekanan UB melalui pelatihan ini. Semoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka,” kata Drs. Nur Kholis M.Si, Selasa (10/10/2023).

Selama pelatihan, peserta dijelaskan oleh Reza Safitri,Ph.D, tim dari Departemen Komunikasi tentang berbagai macam jenis sosial media, termasuk cara membuat konten yang menarik di media sosial, mengoptimalkan penggunaan hashtag, dan memahami analitik media sosial untuk mengukur keberhasilan kampanye pemasaran.

Selain itu, peserta juga diajak untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam menghadapi tantangan dalam menjalankan bisnis di tengah persaingan yang semakin ketat.

Dengan adanya upaya seperti ini, Departemen Komunikasi FISIP UB terus menjalin hubungan positif dengan masyarakat dan berkontribusi dalam pemajuan ekonomi lokal. (Humas FISIP/OKY/Humas UB)