Code Maniac, Permudah Mahasiswa Belajar Materi Pemograman

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Uji Coba Code Maniac
Uji Coba Code Maniac
Materi pemrograman kerap kali menjadi mata kuliah yang kurang diminati mahasiswa, termasuk bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB). Melalui skema HPP (Hibah Penelitian Pemula) LPPM UB untuk pendanaan tahun 2020, tim FILKOM UB mengembangkan kembali Code Maniac, sebuah platform pembelajaran materi pemrograman berbasis gamifikasi. Tujuan dibuatnya platform ini adalah untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar mahasiswa.

Untuk diketahui, Code Maniac merupakan karya hasil kolaborasi tiga laboratorium dan grup riset di FILKOM UB, yaitu Software Engineering Laboratory, UB Learning Technology Laboratory dan Grup Riset Komputasi Cerdas. Tim pengembang Code Maniac terdiri atas tiga dosen FILKOM yang dibantu oleh tiga mahasiswa FILKOM. Mereka adalah Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd. (ketua tim), Dr. Eng. Fitra A. Bachtiar, S.T., M.Eng., Fajar Pradana S.ST., M.Eng, Kharis Alfian (PTI 2016), Ilham Ramadhan (PTI 2019) dan  Muhammad Zulfikarrahman (Teknik Informatika 2015).

Konsep yang diusung Code Maniac adalah pembelajaran berbasis gamifikasi, sehingga pengguna dapat belajar pemrograman dan merasakan keseruan berinteraksi dengan Code Maniac. Dengan platform ini pengguna juga dapat memanfaatkan fitur challenge untuk dapat saling berkompetisi dalam mengerjakan soal tantangan. Dalam pengembangannya, Code Maniac telah diujikan kepada 13 target pengguna selama 2 jam/sesi yang dipilih dari mahasiswa FILKOM UB dan mewakili masing-masing program studi.

Pengujian dilakukan sebanyak dua sesi di Schizzo Café dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Melalui pengujian ini didapatkan gambaran perbaikan desain Code Maniac agar adaptif sesuai dengan kondisi emosional pengguna. Kondisi emosional diukur berdasarkan detak jantung mahasiswa saat berinteraksi dengan Code Maniac. Selanjutnya mahasiswa mengisi umpan balik yang nantinya dianalisis sebagai dasar perbaikan desain. Bagi mahasiswa yang ingin belajar pemrograman secara menyenangkan dapat memanfaatkan Code Maniac yang kini sudah dapat diakses di https://codemaniac-filkom.ub.ac.id/. [DNA/Humas UB]

  From Headline