BCE UB 2023 Diikuti 38 Perusahaan

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Presentasi BNI dalam BCE UB 2023

Sebanyak 38 perusahaan ikut berpartisipasi dalam kegiatan Brawijaya Career Expo (BCE), di gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya (UB), Sabtu-Minggu (10-11/06/2023). Salah satunya PT Pertamina.

Talent Acquisition and Learning Officer PT Pertamina Hary Kuswanto menyampaikan, keikutsertaan Pertamina dalam kegiatan ini menjadi ajang seleksi mencari talent terbaik untuk menjadi bagian dari Pertamina.

“Banyak alumni UB yang sudah bergabung di Pertamina, dan kami melihat lulusan UB sangat berpotensi. Bahkan direktur utama saat ini adalah alumni UB. Untuk itu kami ambil bagian dalam expo ini,” ujar Hary.

Berbagai posisi ditawarkan oleh Pertamina, seperti program kerja praktek, internship, dan lowongan staf. Proses rekrutmen yang dilakukan menggunakan sistem drop your CV, yakni peserta mengirimkan CV mereka, kemudian Pertamina melakukan screening, lalu talent-talent terbaik akan ditawarkan sesuai posisi yang dibutuhkan.

Lain halnya dengan Pertamina, Bank Indonesia (BI) sudah menetapkan posisi karir yang ditawarkan untuk mahasiswa UB, seperti Multilevel Entry untuk pelamar yang sudah memiliki pengalaman kerja, Pendidikan Calon Asisten Manajer (Management Trainee) untuk fresh graduate, General Hire untuk non officer, dan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan sangat senang karena stan kami selalu penuh pengunjung. Banyak peserta yang bertanya dengan antusias,” ungkap Manajer Divisi Rekrutmen SDM Bank Indonesia Yustitia Asri Ertaningrum.

Beberapa perusahaan juga berkesempatan mempresentasikan company profile mereka. Corporate Relationship Manager PT BNI (Persero), Tbk Gusti Ngurah Rai Maha Putra dalam presentasinya menyampaikan berbagai posisi karir yang ditawarkan, benefit, serta tips dan trik dalam melamar pekerjaan.

“Aktif dalam berorganisasi selama kuliah menjadi nilai plus dalam sebuah CV. Apalagi jika ditunjang dengan bukti prestasi,” ujar Gusti.

Kegiatan BCE 2023 juga menyediakan fasilitas layanan konsultasi karir oleh Pusat Kajian Psikologi Terapan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (PKPT-FISIP). Layanan yang disediakan yakni konseling dan tes kepribadian secara gratis.

Staf PKPT-FISIP Arum Drajat Gayatri mengatakan, PKPT mengerahkan enam orang konselor untuk membantu konsultasi karir.

“Biasanya mereka menanyakan pekerjaan apa yang cocok disesuaikan dengan passion atau kepribadian mereka. Konselor akan membantu mengarahkan, selebihnya keputusan ada pada klien,” kata Arum. [Irene]