Bangkit Pasca Pandemi, Ratusan Peneliti Bidang IT Antusias Ikuti Konferensi Ilmiah FILKOM UB 2022

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Ratusan peneliti bidang Teknologi Informasi (TI) dari dalam dan luar negeri ikut ambil bagian dalam dua konferensi ilmiah yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada 22 November 2022. Kedua konferensi ilmiah yang diselenggarakan secara hybrid yaitu luring dan daring  tersebut adalah 7th International Conference on Sustainable Information Engineering and Technology (SIET 2022) dan Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa Informasi (SENTRIN)

Tema dari SIET tahun ini yaitu “Embracing digital transformation in the post-pandemic era: challenges, applications, and opportunities”. Penelitian yang dapat diikutsertakan dalam SIET mencakup berbagai topik dalam bidang smart systems, domain specific frameworks and applications, serta models, methods and techniques. Pada tahun ini tercatat 130 judul publikasi yang masuk (submit) dan 60 publikasi yang diterima (accepted) di SIET 2022, dengan jumlah author per judul publikasi adalah dua orang atau lebih.

Prof. Katalin Hangos sebagai Keynote Speaker

SIET diselenggarakan untuk menyatukan akademisi, peneliti, pengusaha bisnis, praktisi, dan pembuat kebijakan yang bertanggung jawab untuk menerapkan rekayasa dan teknologi informasi dengan memanfaatkan komputasi cerdas untuk menciptakan lingkungan yang lebih maju.

Sementara itu SENTRIN 2022 mengangkat tema “Rekayasa Informasi dan Teknologi untuk Pemulihan Kehidupan Pasca Pandemi”. SENTRIN 2022 merupakan event ketujuh sejak tahun 2016 yang merupakan wadah besar untuk mempertemukan para akademisi, peneliti, ilmuwan terkemuka, dan praktisi industri guna berbagi pengalaman, pengetahuan teoritis, temuan, maupun hasil penelitian terkait inovasi, tren, tantangan serta solusi terbaru dalam rekayasa informasi dan teknologi terkini.

Barlian Henryranu Prasetio, Ph.D memberikan cinderamata kepada Prof. Bian Yang

Tercatat pada tahun ini, ada 70 judul publikasi yang masuk (submit) dan 34 judul yang diterima (accepted) di SENTRIN 2022. Masing-masing judul publikasi terdiri atas dua hingga empat orang author.

Dekan FILKOM Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. menyampaikan bahwa SIET 2022 akan menghadirkan yang terbaik dalam hal peneliti, teknologi dan ilmu pengetahuan pada skala internasional untuk menjalin kemitraan dan kerjasama, dan untuk berbagi kemajuan penelitian antara universitas, institusi, pemerintah, dan industri kecil hingga besar untuk maju ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam pembangunan pasca pandemi.

Dekan FILKOM bersama Prof. Arif Muntasa (tengah) dan Romi Satria Wahono, Ph.D (kanan)

“Pandemi CPVID-19 telah membuat banyak kemajuan dan mengubah banyak hal, salah satunya dari segi teknologi. Pandemi telah mengubah interaksi masyarakat dunia menjadi adaptif dalam menggunakan teknologi digital. Karena di Indonesia khususnya, pandemi telah meredam banyak sektor oleh karena itu kolaborasi karya teknologi dianggap sangat penting saat ini, sehingga mencangkup tema dari konferensi ini,” kata Prof. Wayan dalam sambutannya.

Pada tahun ini kegiatan konferensi SIET dan SENTRIN mengundang beberapa keynote speaker diantarannya Prof. Katalin Hangos dari University of Pannonia, Hungaria; Prof. Bian Yang dari Norwegian University of Science and Tecnology; Prof. Dr. Arif Muntasa, S.Si., M.T dari Universitas Trunojoyo, Madura dan Romi Satria Wahono, Ph.D yaitu seorang peneliti dan praktisi industri serta Founder & CEO ilmukomputer.com, Braindevs.ID dan Brainmatrics.ID.[drn/Humas UB]