APATTE 62 UB Juara di KMHE 2023

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Tim Apatte 62
Tim Apatte 62

Prestasi gemilang kembali diraih oleh Tim Apatte 62 pada Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2023 yang berlangsung di Jakarta, 27 Oktober – 3 November 2023. Tim yang berasal dari Fakultas Teknik Universitas Brawijaya ini berhasil mempertahankan tradisi juara yang telah mereka raih sebelumnya.

Mobil Nogososro (Apatte 62) menang kategori Prototype Diesel
Mobil Nogososro (Apatte 62) menang kategori Prototype Diesel

KMHE 2023, sebuah ajang prestisius yang menguji kemampuan tim dalam merancang mobil hemat energi, Tim Apatte 62 berhasil meraih juara pertama pada kategori Prototype Diesel dan Juara 3 Urban Ethanol.

Disampaikan Febby Kurnia Handayani Lubis, Staff External Relations & Sponsorship ,tim berhasil mendapat kemenangan dengan perolehan hasil tertinggi 652,9 km/L di kategori prototype diesel dan untuk kategori urban ethanol tim apatte berhasil menduduki peringkat ke tiga dengan perolehan hasil tertinggi 289,72 km/L.

Mobil Marsela Ethanol (apatte 62) menang kategori Urban Ethanol
Mobil Marsela Ethanol (apatte 62) menang kategori Urban Ethanol

Kunindro Wisnu, General Manager, menyampaikan kemenangan kali ini banyak rintangan selain universitas yang turut jumlahnya lebih banyak. “Walaupun di beberapa kali race mobil kami sempat terjadi stall atau dnf (tidak mendapatkan perolehab data) membuat kami tetap terus berjuang untuk mulai dari mengevaluasi, berdiskusi bersama untuk mencari titik terang,” ujarnya.

Ditambahkannya, tim akan terus melakukan riset di bidang ini agar terus berkembang. “Kami akan tetap terus melakukan riset dibidang ini dan membawa kembali gelar-gelar juara di kompetisi-kompetisi lainnya baik nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa Dr. Setiawan Noerdajasakti, S.H., M.H menyampaikan sangat bersyukur atas perolehan kemanangan Apatte 62. “Kemenangan ini sangat menguntungkan bagi UB dan mendongkrak upaya terpenuhinya capaian jumlah mahasiswa berprestasi 2023 di UB, “ ungkapnya.

Dalam perhelatan ini, tim Apatte 62  menghadirkan mobil inovatif yang memadukan teknologi canggih dan desain aerodinamis yang efisien. Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi tim, tetapi juga membuktikan kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan teknologi ramah lingkungan.[trois/sitirahma]