442 Pengawas UTBK UB Ikuti Briefing

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Universitas Brawijaya (UB) adakan pengarahan dan pembekalan teknis pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) kepada 442 pengawas, Rabu (27/04/2022), di Gedung Widyaloka.

Sekretaris Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik Heri Prawoto Widodo, S.Sos., M.A.B menyampaikan mekanisme pelaksanaan UTBK 2022.

“Yang perlu diperhatikan pengawas adalah memastikan para peserta tidak membawa handphone, kamera, atau alat komunikasi lainnya untuk mengantisipasi adanya kecurangan,” ucapnya.

Selain itu, pengawas perlu memastikan kelengkapan dokumen para peserta, seperti kartu tanda peserta UTBK 2022, kartu identitas, serta kelengkapan lain yang dibutuhkan.

Sementara itu Koordinator Bidang Komunikasi UPT Sistem dan Teknologi Informasi (STI) Rizki Trisnadi, S.T menjelaskan tatalaksana pengunaan aplikasi pengawas.

“Pengawas perlu memastikan urutan tempat duduk peserta sesuai dengan tipe ruangan agar tidak salah dalam proses pengecekan,” kata Rizki.

Dalam sambutannya, Direktur Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik Dr. Rosihan Asmara, S.E., M.P berpesan agar pengawas dapat secara intensif mengikuti prosedur UTBK supaya tidak terjadi kecurangan.

UTBK dilaksanakan dalam dua gelombang, yakni gelombang satu tanggal 17-23 Mei 2022, dan gelombang dua pada 28 Mei s/d 3 Juni 2022. Di mana setiap harinya terdapat dua sesi, yakni sesi pagi dan siang.

Setiap sesinya, UB menyediakan 67 ruangan dan 1.380 komputer untuk para peserta UTBK 2022. [Irene]