3-in-1 Research Discussion Bersama Professor University of Miyazaki

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Program Studi Teknik Komputer Jurusan Teknik Informatika Universitas Brawijaya menyelenggarakan kegiatan 3-in-1 research discussion dengan mengundang Professor Hiroki Tamura dari Departement of Environmental Robotics, Faculty of Engineering, University of Miyazaki. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom pada hari Senin (30/8/2021) yang dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Eng Herman Tolle, ST., MT., Ketua Prodi Tekik Komputer, Eko Setiawan,ST.,M.Eng., Ph.D. dan dosen Prodi Teknik Komputer.

Mengawali acara pengenalan dimulai dari Prof. Hiroki Tamura. Dengan bidang ilmu SoftComputing (Fuzzy, Neural networks, Al etc,.) dan Interface (computer, eye movements, biological motion, biological sigals). Saat ini program yang dikerjakan oleh beliau adalah sistem pendukung (support system) untuk orang tua/manula dan disabilitas dengan fokus evaluation when driving car dan research on the automatic stop function of electric wheelchairs.

Kedua  pengenalan dari Grup Riset Computer Vision, yang disampaikan oleh Dr. Eng Fitri Utaminingrum, ST., MT. Grup riset ini berdiri sejak 12 Desember 2014, dimana kegiatannya dilakukan oleh Dosen, mahasiswa magister dan sarjana. Proyek yang dikerjakan sudah cukup banyak mulai dari Smart Wheelchair, Mini Electric Seater, Smart Nutrition Box, dan Scotect Mobile Apps. Grup Riset Computer Vision juga banyak melakukan kerjasama dengan universitas baik di luar maupun di dalam negeri, contohnya Kumamoto University, Jepang; University of Wollonggong, Australia; National Central University, Taiwan; dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Kedepannya, Grup Riset Computer Vision berencana untuk melakukan kerjasama dengan University of Miyazaki, Jepang; Universitas Airlangga; dan Universitas Mulawarman. Ketiga, pengenalan dari Laboratorium Robotic dan Embedded System yang dkenalkan oleh Hurriyatul Fitriyah, ST., M.Sc. dengan fokus pada humanoid robot, wheeled robot, armed robot, legged robot, aerial robot, bioinformatics dan agriculture.

Di akhir pengenalan yaitu dari Prodi Teknik Komputer (Tekkom) yang dikenalkan langsung oleh Ketua Prodi Teknik Komputer, Eko Setiawan,ST.,M.Eng., Ph.D. yang menjelaskan profil Prodi Tekkom secara spesifik kepada Prof. Hiroki Tamura. Selanjutnya setelah saling pengenalan satu sama lain ada diskusi hangat antara Prof. Hiroki Tamura dengan dosen prodi Tekkom yang hadir di acara.(drn)