141 Dokter Baru UB Diambil Sumpahnya

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Salah satu lulusan dokter baru berprestasi.

Sebanyak 141 lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK-UB) mengucapkan sumpah dokter, Kamis (11/08/2022), di gedung Samantha Krida. Mereka adalah dokter baru hasil yudisium 6 Juli 2022.

Kaprodi Profesi Dokter FK-UB dr. Dearisa Surya Yudhantara, Sp.KJ mengatakan, pengucapan sumpah dokter ini merupakan kewajiban bagi dokter baru yang akan menjalani profesinya, dan menandai telah selesainya proses pendidikan mulai tahap akademik sampai tahap profesi, sehingga mereka resmi menyandang gelar dokter.

“Para dokter baru ini selanjutnya masih harus menjalani masa internship di rumah sakit umum kelas B, C, dan Puskesmas selama satu tahun,” ungkap Dearisa.

Dalam sambutannya, Dekan Dr. dr. Wisnu Barlianto, M.Si., Med.Sp.A(K) menyampaikan rasa bangganya kepada para dokter baru yang telah mengharumkan nama UB melalui kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Pendidikan Dokter dalam bentuk ujian CBT maupun OSCE.

“Saudara telah berhasil menyelesaikan masa studi selama 5,5 tahun merupakan perjalanan panjang dan penuh perjuangan. Kini saatnya mengaplikasikan semua yang telah Saudara peroleh untuk terjun langsung dalam masyarakat. Kami berharap Saudara dapat mengabdikan diri secara profesional dengan tetap menjaga nama almamater Saudara,” ucap Dekan.

Dekan berpesan kepada para lulusan agar menjadi dokter yang amanah, berbudi luhur, mengedepankan kepentingan pasien di atas kepentingan pribadi, santun, kompeten, profesional dan tangguh dalam menghadapi tantangan yang semakin berat di era globalisasi.

141 Dokter Baru UB Diambil Sumpahnya

Sementara itu Wakil Lulusan Dokter Baru dr. Gusti Rajendra Yoga Pratama, S.Ked mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada orang tua/wali, dosen/supervisor, serta para nakes yang telah memberikan ilmu dan membimbing dalam proses studi.

“Keahlian dan pengalaman yang dimiliki para guru kami telah menginspirasi dan memotivasi kami untuk terus belajar. Semoga Allah SWT menjadikan kami dokter yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, bangsa, dan negara, serta dapat mendunia dengan prestasi yang kami hasilkan kelak,” pungkas Gusti.

Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur RSUD Dr. Saiful Anwar Malang Dr. dr. Kohar Hari Santoso, Sp.An.KIC.KAP, Ketua Ikatan Alumni Komisariat FK-UB dr. Aries Budianto, Sp.B-KBD, dan jajaran pimpinan FK-UB.

Berikut adalah nama lulusan dokter baru berprestasi. Peraih IPK tertinggi: dr. Muhammad Ogan Islakhul Idham, S.Ked (3,95), dr. Nabilah Rohadatul Aisy, S.Ked (3,90), dr. Pasenggo Trifena Alviera, S.Ked (3,90), dan dr. Shanine Reilinvia, S.Ked (3,90). Dokter baru dengan nilai CBT UKMPPD tertinggi di FK-UB adalah: dr. Pasenggo Trifena Alviera, S.Ked (89,5), dr. Muhammad Ogan Islakhul Idham, S.Ked (89,5), dan Ruth Clarita Pradibdo, S.Ked (88,0). Sementara itu dokter baru yang mendapat nilai OSCE UKMPPD tertinggi di FK-UB adalah: dr. Putu Sri Maharani Utami, S.Ked (94,82), dr. Novelina Gracea, S.Ked (92.04), dan dr. Rivaldo Brahmantio Hardani, S.Ked (91,96). [Irene]